Jubir Pemenang: Progul Mahyeldi-Vasko Siap Lahirkan SDM Berkualitas di Sumbar

id Jubir, Mahyeldi-Vasko

Jubir Pemenang: Progul Mahyeldi-Vasko Siap Lahirkan SDM Berkualitas di Sumbar

Jubir Mahyeldi-Vasko, Adi Prima. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi dan Vasco Ruseimy cukup fokus mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Hal ini dibuktikan dengan gerak cepat Sumbar unggul dalam dunia pendidikan. Pasangan dengan tagline "Gerak Cepat untuk Sumbar" tersebut ingin melahirkan SDM cerdas, sehat, beriman, berkarakter dan inovatif.

Mewujudkan itu Mahyeldi-Vasko menghadirkan program unggulan mereka di dunia pendidikan secara merata. Sehingga mampu lahir SDM yang berkualitas serta berdaya saing global nantinya.

Juru Bicara Tim Pemenangan Mahyeldi-Vasko, Ari Prima, mengungkapkan sejarah telah mencatat begitu banyak tokoh pemimpin bangsa Indonesia yang lahir dari Tanah Minangkabau.

"Sejak dahulu tercatat dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia banyak tokoh pemimpin bangsa yang lahir dari Sumbar," ujar Ari dalam keterangannya, Sabtu (14/9)2024).

Para tokoh itu, kata Ari, mereka tampil dengan kepemimpinan yang berjiwa negarawan dan tidak mendahulukan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. Mereka betul-betul berbuat untuk kepentingan rakyat.

"Maka itu, pasangan Mahyeldi-Vasko ingin dan siap lahirkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing global tersebut melalui fokus ke program unggulan di dunia pendidikan. Bahkan program unggulan ini menjadi misi utama," ungkapnya.

"Sehingga dengan program unggulan ini, muncul sosok pemimpin mendatang seperti para pendiri bangsa dahulunya," sambungnya.

Ari yang juga sebagai Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPD Partai Demokrat Sumbar ini membeberkan secara detail program unggulan Mahyeldi-Vasko di dunia pendidikan tersebut.

Di antaranya adalah, Mahyeldi-Vasko, bakal melakukan langkah pemerataan akses dan kualitas pendidikan di Sumbar. Kemudian, penuntasan wajar 12 tahun.

"Serta pendidikan karakter melalui penyiapan dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan, penyediaan tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas secara proporsional dan profesional di seluruh daerah," jelas Ari.

Tak hanya itu, lanjut Ari, Mahyeldi-Vasko juga akan melakukan peningkatan efektifitas pendidikan di SMK/SMA/sederajat. Dengan demikian, dapat melahirkan lulusan yang religius, berkarakter, terampil, inovatif dan mandiri serta kompetitif masuk jenjang pendidikan tinggi.

"Mahyeldi-Vasko siap memberikan bantuan beasiswa bagi siswa kurang mampu, siswa

berprestasi dan mahasiswa dalam dan luar negeri," imbuhnya.

Menurut Ari, tak salah pasangan Mahyeldi-Vasko ini memiliki tagline "Gerak Cepat untuk Sumbar". Ini merupakan suatu perubahan atau tindakan proaktif dan responsif yang dilakukan dengan segera dan efisiensi untuk mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan melalui sinergitas dengan pusat dan daerah.

"Yang mencakup pengambilan keputusan yang tepat waktu, pelaksanaan program yang efektif, serta penyelesaian cepat terhadap permasalahan yang ada,

perubahan dan tantangan yang muncul, dengan tujuan

mempercepat kemajuan dan tercapainya kesejahteraan

masyarakat Sumbar," pungkas.

Selain fokus ke dunia pendidikan, juga terdapat tujuh program unggulan lain Mahyeldi-Vasko. Di antaranya meningkatkan perekonomian dengan menganggarkan 10 persen APBD untuk sektor pertanian guna mewujudkan Sumbar sebagai lumbung Pangan nasional serta hilirisasinya, dan mengelola sda berbasis green dan blue ekonomi.

Selanjutnya, meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/menengah serta ekonomi

berbasis digital. Kemudian melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur yang berkeadilan, berwawasan lingkungan, serta meningkatkan ketahanan dan tanggap bencana.

Kemudian, meningkatkan tata kehidupan yang harmonis, agamais, beradat dan berbudaya berdasarkan falsafah “adat basandi syarak, syarak basandi

kitabullah.

Lalu, meningkatkan daya saing kepariwisataan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif terutama kepada pelaku UMKM. Mewujudkan tata kelola pemerintahan propinsi dan pelayanan publik yang bersih, akuntabel serta berkualitas (Good Gouvernance dan Clean

Gouverment).

Terkahir, memperkuat Ketahanan Keluarga, pemberdayaan perempuan, generasi muda

( milenial dan Gen Z) dan penyandang disabilitas.

Pasangan Mahyeldi-Vasko diusung dan didukung koalisi delapan partai. Adapun adalah Partai Gerindra, PKS, Demokrat, PKB, PBB, Perindo dan Garuda.*