OJK Sumbar bersama BNI Wilayah 02 dukung pemulihan ekonomi masyarakat terdampak erupsi

id BNI, OJK, pelatihan untik.masyarakat

OJK Sumbar  bersama BNI Wilayah 02 dukung pemulihan ekonomi masyarakat terdampak erupsi

OJK-BNI kolaborasi bantu masyarakat terdampak bencana erupsi. (ANTARA/HO-BNI)

Paninjauan (ANTARA) - OJK Sumbar bersama BNI Wilayah 02 dukung pemulihan ekonomi masyarakat terdampak erupsi

OJK Sumbar bersama BNI Wilayah 02 dukung pemulihan ekonomi masyarakat korban terdampak bencana erupsi lahar dingin di Paninjauan Kabupaten Tanah Datar dengan berbagi melalui pelatihan pemberdayaan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan membantu masyarakat setempat dalam membangun kembali kehidupan mereka melalui pengembangan keterampilan ekonomi kreatif.

Pelatihan ini dilaksanakan pada 12 September 2024 di Balai Desa Paninjauan dan dihadiri oleh peserta yang terdiri dari masyarakat lokal, pelaku usaha mikro, dan pemuda kreatif.

Acara ini merupakan bagian dari inisiatif BNI dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada pemulihan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat pasca-bencana.

Kepala OJK Sumbar Roni Nazra SE MM CA , langsung datang ke Nagari Paninjauan untuk menghadiri acara pelatihan ecoprint dengan Teknik Ponding tersebut.

Ia menyambut luar biasa dan menyampaikan apresiasi kepada BNI khususnya program CSR yang menggelar pelatihan untuk menambah wawasan.

Kepala OJK berharap para pelatihan ini dapat membantu pemulihan ekonomi dan membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir lahar dingin serta membuka alternatif lahan pekerjaan baru untuk masyarakat paninjauan.

Regional CEO BNI Wilayah 02, Khairul Salam, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya percaya bahwa pemberdayaan ekonomi kreatif adalah kunci untuk membantu masyarakat bangkit dan berkembang setelah bencana.

"Dengan pelatihan ini, kami berharap masyarakat Paninjauan tidak hanya dapat memulihkan kehidupan mereka tetapi juga menciptakan peluang baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dalam jangka panjang.”

Pelatihan yg bekerja sama dengan Rumah BUMN Padang ini turut hadir Gema Putri selaku CEO Rumah BUMN Sumbar yg diharapkan tindak lanjut setelah pelatihan ini warga bisa diarahkan untuk pengembangan lebih lanjut hingga bisa masuk dalam marketplace di segmen usaha Ekonomi kreatif.

Turut hadir membersamai , Area Head BNI Kanwil 02, Risnaldi dan Pemimpin Cabang BNI Bukittinggi Bambang Sugiharto.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas KUKMP Hendra Setyawan dan Wali Nagari Paninjauan Afrizal mengucapkan terimakasih atas support BNI yang sangat luar biasa.

Dalam tahun ini Kabupaten Tanah Datar mendapatkan banyak bantuan tanggap darurat senilai Rp100 juta. Kemudian bantuan ambulance senilai Rp290 juta serta bantuan pengembangan ekonomi kreatif berupa pelatihan ecoprint yang saat ini berlangsung.

Dengan langkah ini, BNI berkomitmen untuk terus mendukung pemulihan dan pengembangan ekonomi masyarakat yang terdampak bencana, serta menciptakan peluang yang dapat memajukan daerah dan negara secara keseluruhan.*