BNNP Sumbar-Pelindo tandatangani komitmen pelabuhan bersih narkoba

id BNNP Sumbar, Pelabuhan, Pelindo,Bebas Narkoba

BNNP Sumbar-Pelindo tandatangani komitmen pelabuhan bersih narkoba

Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Riki Yanuarfi dan GM Pelindo Padang Ferrial Dunan Sidabutar menandatangani komitmen pelabuhan bersih dari narkoba. (ANTARA/HO-BNNP Sumbar)

Padang (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat dan PT Pelindo menandatangani komitmen "Pelabuhan Teluk Bayur Bersih Narkoba" sebagai salah satu strategi untuk penguatan wilayah pesisir.

Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Riki Yanuarfi di Padang, Kamis, mengatakan penandatanganan komitmen itu bagian dari acara besar bertajuk "Komitmen Penerapan K3 dan Pelabuhan Teluk Bayur Bersih Narkoba".

"Penandatanganan komitmen ini menegaskan komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan pelabuhan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," ujarnya.

Sebagai pelabuhan strategis di wilayah pesisir Sumatera Barat, kata dia, Pelabuhan Teluk Bayur memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian daerah sehingga perlu dijaga dari ancaman narkoba yang dapat merusak masa depan generasi bangsa.

"Kolaborasi antara BNNP Sumatera Barat dan PT Pelindo Cabang Teluk Bayur diharapkan dapat menjadi contoh bagi pelabuhan lain di Indonesia dalam menjaga wilayah kerjanya tetap bersih dan aman dari ancaman narkoba," katanya.

Ia berharap, dengan penandatanganan komitmen itu sinergi antara BNNP, PT Pelindo, dan seluruh pemangku kepentingan akan semakin kuat dalam menjaga Pelabuhan Teluk Bayur sebagai zona yang aman, bersih, dan produktif, bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Riki mengatakan peredaran narkoba di Sumatera Barat sudah tinggi bahkan berada pada peringkat 6 dari 34 provinsi di Indonesia.

Oleh karena itu, perlu upaya serius untuk menekan dan memberantas peredaran barang haram itu.

General Manager PT Pelindo Cabang Teluk Bayur Ferrial Dunan Sidabutar menyebut kegiatan itu bagian dari upaya berkelanjutan PT Pelindo dalam memastikan penerapan Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja (K3) di lingkungan pelabuhan.

"Kita siap berkolaborasi, bersama-sama menciptakan kawasan pelabuhan yang bersih dari narkoba," katanya.

Ikut hadir dalam penandatanganan itu, Kapolresta Padang, perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Padang, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Teluk Bayur, serta berbagai undangan dari instansi terkait.