Baznas Kota Solok serahkan bantuan bedah rumah ke warga kurang mampu

id Baznas Kota Solok, serahkan bantuan, bedah rumah, ke warga kurang mampu

Baznas Kota Solok serahkan bantuan bedah rumah ke warga kurang mampu

Penampakan rumah seorang warga kurang mampu di Sawah Ujung, Taratak, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah yang akan menerima bantuan bedah rumah dari Baznas Kota Solok, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Solok.

Solok (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok, Sumatera Barat, menyerahkan bantuan bedah rumah kepada warga kurang mampu di Sawah Ujung, Taratak, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian Baznas Kota Solok Rusli KH di Solok, Senin, mengatakan Baznas Kota Solok telah melakukan survei terhadap rumah tidak layak huni (RTLH) milik seorang warga di Sawah Ujung, Taratak, Kelurahan Tanah Garam.

Pada survei awal yang dilakukan oleh tim Baznas Kota Solok pada 19 Juli 2024, tim tidak sempat bertemu dengan pemilik rumah, namun tim sudah melihat kondisi rumah tersebut yang dikatakan tidak layak untuk dihuni.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, penghuni rumah tinggal bersama dua anak perempuannya yang masih sekolah kelas satu dan enam sekolah dasar (SD), sedangkan istrinya telah meninggal dunia.

Setelah dilakukan survei lanjutan, barulah tim dapat bertemu langsung dengan penghuni rumah yang bernama Amril pada Senin (22/7).

Selanjutnya tim Baznas mengarahkan untuk pengajuan permohonan bantuan terkait kondisi rumah tersebut ke Pimpinan Baznas Kota Solok untuk mendapatkan bantuan bedah rumah.

Proses dari pengajuan permohonan dengan status tanah dari tempat tinggal yang bersangkutan, tanah merupakan hibah dari pemilik tanah kepada yang bersangkutan.

Setelah permohonan dan status tanah sudah dipastikan baru dapat dilakukan bedah rumah.

“Setelah dikunjungi secara langsung, ternyata memang tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan oleh masyarakat mengenai keadaan Amril," ucap dia.

Mereka tinggal tiga beranak di rumah gubuk tersebut, istri sudah meninggal, anak masih bersekolah, pekerjaan bertani ke sawah orang dan tinggal di atas tanah milik orang yang mempunyai kerendahan hati menghibahkan tanahnya untuk dihuni sebagai tempat tinggal mereka.

Permohonan Amril masuk dan layak untuk mendapatkan bantuan bedah rumah dari program rehabilitasi RTLH Baznas Kota Solok tahun 2024, dengan nominal bantuan bedah rumah sebesar Rp30 juta.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Baznas Kota Solok serahkan bantuan bedah rumah ke warga kurang mampu