PT Agrowiratama Pasaman Barat sosialisasikan bahaya kebakaran hutan

id Sosialisasi bahaya kebakaran hutan-lahan,BPBD,Sawit,Kebun,Perusahaan,Perusahaan Kelapa Sawit,Bakar,Hutan,Karhtla,BNPB,So

PT Agrowiratama Pasaman Barat sosialisasikan bahaya kebakaran hutan

Perusahaan kelapa sawit PT Agrowiratama Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat saat melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan kepada stakeholder sekitar perusahaan sebagai antisipasi pencegahan terjadinya kebakaran, Sabtu (29/6/2024). ANTARA/HO-PT Agrowiratama. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Perusahaan kelapa sawit PT Agrowiratama Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat melakukan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat sekitar perusahaan, sebagai antisipasi pencegahan terjadinya kebakaran.

Manager Humas PT Agrowiratama Pasaman Barat Lelo Ritonga di Simpang Empat Sabtu mengatakan, sosialisasi itu langsung diberikan materi dari BPBD serta Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Pasaman Barat.

"Kegiatan ini juga diikuti dengan simulasi kebakaran sehingga antisipasi cepat bisa dilakukan," katanya.

Menurutnya, sosialisasi itu dilaksanakan dua kali dalam setahun. Dan kegiatan ini merupakan untuk semester pertama yang di laksanakan pada tahun ini.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut dianggap mampu menciptakan semangat bersama menempatkan pencegahan sebagai hal utama.

Salah satu faktor penting dalam keberhasilan dalam menurunkan angka kebakaran hutan dan lahan adalah pencegahan dengan menyosialisasikan ke masyarakat, karena kebakaran hutan dan lahan kebanyakan terjadi oleh faktor manusia.

"Untuk itu kami dari pihak perusahaan memiliki komitmen dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Zulkarnain sebagai pemateri pada kegiatan itu mengapresiasi kegiatan yang diadakan PT Agrowiratama sebagai antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

"Sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan kewaspadaan semua pihak dalam antisipasi kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Ia mengimbau kepada semua pihak agar tidak membakar hutan dan lahan secara sembarangan karena rawan kebakaran.

Ketua Koperasi Sawit Bersama dan Bosa Adat Air Haji Nasran juga menyambut baik sosialisasi yang diadakan itu.

"Dengan adanya sosialisasi ini maka semua pihak dapat mengetahui bahaya kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Adapun peserta sosialisasi itu adalah manajemen PT Agrowiratama, tim Damkar PT Agrowiratama, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan dan Peternakan, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan.

Selain itu juga ada Wali Nagari (kepala desa) Ranah Air Haji, Wali Nagari Salingka Muaro, Wali Nagari Sikilang Sungai Aur Selatan, kepala jorong sekitar perusahaan, pengurus Koperasi Sawit Bersama, Koperasi Sawit Bosa Sungai Aua Manjunjung Bilang, Koperasi Sawit Datuk Bosa Sikilang, dan tokoh masyarakat dan Bosa Adat Air Haji. ***3***