Mahasiswa Sosiologi UPGRISBA salurkan bantuan bagi korban banjir lahar dingin

id Lahar dingin, mahasiswa universitas pgri sumbar, Upgrisba

Mahasiswa Sosiologi UPGRISBA salurkan bantuan bagi korban banjir lahar dingin

Pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA) menyalurkan 100 paket bantuan kepada korban banjir lahar dingin di dua nagari (desa) di Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar, Sabtu (29/6/2024). Antara/HO-Humas UPGRISBA.

Padang (ANTARA) - Pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA) menyalurkan 100 paket bantuan kepada korban banjir lahar dingin di dua nagari (desa) di Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar.

"Paket yang disalurkan berupa alat tulis sekolah untuk siswa sekolah dasar dan siswa sekolah menengah pertama," kata Ketua Himpunan Mahasiswa Sosiologi UPGRISBA Rara Aprilia di Kabupaten Agam, Sabtu.

Rara, sapaan akrabnya, mengatakan bantuan tersebut disalurkan di nagari Batu Taba, Kecamatan IV Angkek dan Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

Bantuan alat tulis tersebut merupakan hasil donasi atau sumbangan dari masyarakat yang dikumpulkan mahasiswa di sejumlah persimpangan jalan hingga jamaah yang keluar dari masjid di Kota Padang.

"Kami menggalang donasi dari masyarakat dengan turun ke jalan. Di jalan, kami menghimpun donasi dari pengendara yang berhenti di lampu pengatur lalu lintas, termasuk menggalang donasi dari jamaah masjid," ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Program Studi Pendidikan Sosiologi UPGRISBA Dr Firdaus mengatakan bakti sosial yang dilakukan mahasiswa tersebut merupakan bagian dari sikap kecendekiawanan.

"Melalui kegiatan seperti ini, mereka dapat mewujudkan kepedulian antarsesama. Ini juga sesuai moto kampus yakni Cerdas dan Peduli," jelas dia.

Pembina Himpunan Mahasiswa Sosiologi UPGRISBA Dr Faishal Yasin menyampaikan aksi sosial tersebut dapat melatih jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa di masa mendatang.

"Memupuk kepedulian ini bagian penting dalam membentuk karakter mereka. Untuk itu, kita sangat mendukung meskipun bukan program kerja yang mereka rencanakan," kata dia.

Sementara itu, Wali Nagari (kepala desa) Batu Taba Rahmat Hidayat menyambut baik kepedulian yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Sosiologi UPGRISBA tersebut. Sebab, bantuan itu akan membantu dan meringankan beban orang tua terutama saat akan memasuki tahun ajaran baru.

"Kami tentu akan menyalurkan bantuan ini kepada anak-anak kita yang terdampak bencana dan bersiap memasuki tahun ajaran baru," katanya.