LLDikti Wilayah X mengadakan coaching clinic karir dosen

id LLDikti wilayah 10, karir dosen, guru besar

LLDikti Wilayah X mengadakan coaching clinic karir dosen

​​​​​​​LLDikti Wilayah X mengadakan coaching clinic karir dosen (ANTARA/HO-Hms)

Bukittinggi (ANTARA) - Dalam rangka pelaksanaan Layanan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Karir Dosen tahun 2024, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X mengadakan coaching clinic karir dosen di lingkungan lembaga itu.

Kegiatan ini diikuti operator dan tim Penilai Angka Kredit (PAK) masing-masing perguruan tinggi swasta di bawah LLDikti Wilayah X berlangsung sejak Kamis-Sabtu (13-15/6) disalah satu hotel Bukittinggi.

Kepala LLDikti Wilayah X, Afdalisma, SH, M.Pd melalui Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Madya LLDikti Wilayah X, Febrina Fitri saat membuka acara menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi No.0502/E.E4/RHS/DT.04.01/2024, tanggal 22 Mei 2024, tentang Ketentuan Kenaikan Jabatan Akademik Dosen pada masa peralihan.

Isinya adalah menindaklanjuti kebutuhan penyesuaian proses kenaikan jabatan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2023 tentang jabatan fungsional serta Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 31 Tahun 2022 tentang Satu Data Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ia menjelaskan sistem pengajuan kenaikan jabatan Lektor Kepala (LK) dan Guru Besar (GB) yang semula dilaman Pengusulan Angka Kredit (PAK) : https://pak.kemdikbud.go.id sesuai pemberitahuan akan dialihkan ke laman SISTER : https://sister.kemdikbud.go.id sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik Dosen masa peralihan dibagi menjadi dua periode yakni periode satu pada Juni hingga Agustus 2024, dan Periode dua pada September sampai Desember 2024.

Ketua Tim Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ery Suryadi, S.Pt LLDikti Wilayah X sekaligus narasumber dalam kegiatan Coaching Clinic Karir Dosen menyebutkan peralihan program PAK kepada SISTER memiliki dampak yang lebih baik.

Terkait semua data terintegrasi pada satu sistem dan memudahkan reviewer dalam melakukan penilaian.

"Karena ini masa peralihan tentu kita sedikit bekerja lebih dari biasanya, namun secara sistem kedepannya akan memudahkan kita semua dalam penilaian jabatan akademik dosen,"ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Ery Suryadi bersama Urip Rahmanda juga menjelaskan mengenai pemadanan data, persiapan usulan jabatan akademik tingkat perguruan tinggi, usulan jabatan akademik tingkat dosen, dan usulan tingkat operator/SISTER dan penginputan PAK di aplikasi SISTER.

Ery Suryadi dan Urip Rahmanda juga menjelaskan bahwa usai kegiatan ini, seluruh operator dan tim PAK agar segera melakukan sosialisasi diperguruan tinggi masing-masing, sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Rangkaian Coaching Clinic Karir Dosen ini juga menghadirkan Prof. Dr. Hendra Suherman, ST, MT yang merupakan guru besar Universitas Bung Hatta, salah satu reviewer LLDikti Wilayah X dan reviewer nasional.

Beliau juga merupakan guru besar yang semua publikasinya berskala internasional. Prof. Hendra membedah artikel, syarat khusus untuk lektor kepala dan guru besar serta mengupas prosedur operasional pengajuan angka kredit tahun 2024.*