"Si Songket" jadi Maskot Pilkada Solok Selatan

id Maskot Pemilihan Kepala Daerah serentak di Kabupaten Solok Selatan ,berita solsel,berita sumbar

"Si Songket" jadi Maskot Pilkada Solok Selatan

Maskot Pemilihan Kepala Daerah serentak di Kabupaten Solok Selatan "Si Songket" yang juga menjadi simbol Kabupaten itu. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat meluncurkan "Si Songket" sebagai maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Menara Songket yang berada di kawasan seribu rumah gadang merupakan simbol Solok Selatan sehingga kami menjadikannya sebagai maskot Pilkada serentak," kata Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelli, di Padang Aro, Jumat.

Dia menjelaskan, Si Songket memiliki filosofi yaitu pada bagian tutup kepala yang menyerupai puncak menara Songket melambangkan Icon Solok Selatan dan pemilihan tahun 2024 dari dan untuk masyarakat.

Selanjutnya wajah dengan mata yang terbuka dan mulut yang tersenyum ,melambangkan suasana pesta demokrasi yang bahagia.

Sedangkan pakaian menyerupai pakaian adat melambangkan pemilihan 2024 adalah untuk memilih Pemimpin, yang akan mengayomi masyarakat Solok Selatan yang menjunjung "adat yang bersandikan syara, syara basandi kitabullah".

Terakhir tangan kanan memegang alat coblos dan tangan kiri memegang surat suara melambangkan pemilihan 2024, menjamin penggunaan hak pilih masyarakat dengan asas Luber dan Jurdil.

Pelaksanaan pencoblosan serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024 dan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati dilakukan 27-29 Agustus.

KPU katanya, mulai Senin 24/6 sudah mulai coklit dan penelitian data pemilih di lapangan.

"Data pemilih ini merupakan proses yang paling panjang dan juga salah yang krusial saat pemilihan," ujarnya.

Dia mengimbau, seluruh jajarannya untuk menjaga soliditas serta koordinasi dan komunikasi harus dilaksanakan sesama internal dan penyelenggara lainnya.

Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armensyah Johan mengapresiasi pemilihan maskot Pilkada yaitu Si Songket dimana di ambil dari menara Songket yang simbol Kabupaten itu.

"Menara Songket melambangkan budaya jadi sangat bagus dijadikan maskot Pilkada untuk Pemilu badunsanak," ujarnya.