Implementasikan MBKM, LLDIKTI Wilayah X adakan sosialisasi program SIB Angkatan 7

id LLDIKTI, MBKM, Magang Bersertifikat

Implementasikan MBKM, LLDIKTI Wilayah X adakan sosialisasi program SIB Angkatan 7

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma. (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Dalam rangka mengimplementasikan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X melalui unit pembelajaran bekerjasama dengan PT. Mari Belajar Indonesia Cerdas mengadakan Sosialisasi Program Studi Independen Bersertifikat (SIB) Angkatan ke- 7.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 209 orang koordinator dan mahasiswa MBKM perwakilan dari PTS Se-Sumatera Barat & Jambi, gelar secara daring melalui aplikasi zoom pada 7 Juni 2024.

Studi Independen Bersertifikat adalah program permbelajaran non gelar yang diselenggarakan oleh organisasi mitra dan bisa diikuti oleh mahasiswa peserta program MSIB.

Program ini diselenggarakan dengan sistem online dan full selama 6 bulan setiap hari senin-jumat dan terbuka bagi mahasiswa di seluruh Indonesia dari berbagai rumpun ilmu. Program ini dapat dikonversi ke dalam 20 SKS.

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, SH, M.Pd dalam sambutanya menjelaskan banyak manfaat yang akan didapatkan oleh peserta yang akan mengikuti program ini yakni meningkatkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa.

Kemudian mendapatkan pengalaman belajar terutama dalam bidang Microsoft Technologi, meraih peluang karir yang lebih luas dan pengakuan akademik dengan sertifikat yang didapatkan.

Lebih lanjut Afdalisma menjelaskan program studi independen bersertifikat dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat, 6 Agustus-20 Desember 2024 dari pukul 07.30-20.45 WIB.

Kegiatan ini menggunakan pendekatan pembelajaran Outcome Based Education (OBE) dan Problem Based Learning dengan model pembelajaran Sinkron (8 kali pertemuan) dan (Asinkron 6 kali pertemuan).

“Peserta kegiatan ini terbuka bagi mahasiswa di seluruh Indonesia dari berbagai rumpun ilmu dengan menggunakan Platform pembelajaran Microsoft Tearms, Maribelajar Learn, Microsoft Learn (https://aka.ms/learn) dan Skillabel. Adapun kompetensi yang akan dipelajari pada program studi independen bersertifikat ini adalah: Microsoft Web & Mobile Developer, Microsoft Data Engineer dan Data Analyst & AI” tutupnya.

Sementara itu, Direktur PT. Mari Belajar Indonesia Cerdas, Juli Saptaputra Hantana menjelaskan PT. Mari Belajar Indonesia Cerdas memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari kompetensi yang spesifik dan praktis langsung dari para pakarnya serta dari mentor yang sudah bersertifikat selama 1 (satu) semester melalui aktivitas pembelajaran dan praktik langsung.

PT Mari Belajar Indonesia Cerdas memberikan kuota sebanyak 200 mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi untuk mengikuti program ini.*