DLH Kota Solok ajak masyarakat jaga kelestarian lingkungan

id DLH Kota Solok, ajak masyarakat, jaga kelestarian lingkungan

DLH Kota Solok ajak masyarakat jaga kelestarian lingkungan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Edrizal (kanan) menanam bibit pohon di Kota Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok, Sumatera Barat mengajak masyarakat di daerah setempat untuk senantiasa menjaga kelestarian dan peduli terhadap masalah lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Edrizal di Solok, Selasa, menekankan bahwa pemulihan lingkungan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan dan sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, serta membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

“Untuk itu perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, kita dapat memulai dengan menjaga kelestarian lingkungan," kata dia.

Dia mencontohkan tentang hal telah dilakukan DLH Kota Solok berupa penanaman pohon oleh calon pasangan pengantin. Hal itu, memberikan contoh yang baik bagi pelestarian lingkungan sekitar.

Ia mengatakan kondisi lingkungan yang semakin memburuk akibat berbagai aktivitas manusia, seperti pembuangan sampah secara liar yang menyebabkan polusi udara dan air, serta perubahan iklim, memerlukan perhatian serius seluruh lapisan masyarakat setempat.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, DLH Kota Solok dan beberapa OPD melakukan gotong royong di sepanjang Sungai Batang Lembang.

Kegiatan ini merupakan imbauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada gubernur, bupati, wali kota, koordinator wilayah UPT KLHK, serta pimpinan perusahaan untuk ikut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, dengan menyelenggarakan upacara dan aksi lingkungan.

Edrizal mengatakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momentum kebangkitan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya lingkungan hidup yang sehat, sehingga menumbuhkan semangat cinta terhadap lingkungan.

“Melalui momentum peringatan HLH (Hari Lingkungan Hidup) Sedunia tahun ini, seluruh komponen jajaran pemangku kepentingan dan juga kepada masyarakat melalui gotong royong bersama ini, diharapkan untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan,” ujar dia.

Ia juga berharap Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momentum penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian, dan terus memperbaiki perilaku adil terhadap lingkungan.

Ia mengatakan lingkungan yang bersih dapat dijaga, sedangkan untuk seluruh jajaran Pemerintah Kota Solok dapat menjadi contoh dan pelopor kebersihan.