ATR/ BPN Padang Panjang deklarasikan Gerakan Sinergi Reforma Agraria

id ATR/ BPN Padang Panjang ,Pj. Sekda Dr. Winarno,GSRA 2024 BPN

ATR/ BPN Padang Panjang deklarasikan Gerakan Sinergi Reforma Agraria

Pj. Sekda Dr. Winarno. M. E mengatakan RA mendorong potensi usaha kegiatan penataan akses di kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Padang Panjang (ANTARA) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menggelar Deklarasi dan Pemasangan Puzzel Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) 2024, di Aula Kantah ATR/BPN, Senin (22/4) dan dilakukan secara virtual se-Indonesia bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Kantor BPN se-Indonesia serta kepala daerah.

Kepala Kantor ATR/BPN, Didiek Christianto, A.Ptnh, M.H, mengatakan GSRA 2024 dilaksanakan guna menyukseskan percepatan pelaksanaan reformasi agraria (RA) dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan tema Bersinergi Mewujudkan Cita-cita Reformasi Agraria dalam Upaya Mengurangi Ketimpangan Pemilikan Tanah serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat," kata Didiek.

Menurut dia, kegiatan GSRA juga bertujuan menyinergikan tugas dan fungsi para pihak untuk kelancaran, peningkatan nilai tambah ekonomi masyarakat melalui fasilitas pendampingan.

"Tujuan RA ini di antaranya, penataan aset seperti rutin, PTSL, redistribusi tanah, lintor, transmigrasi. Sedangkan penataan akses, yaitu akses modal, hak tanggungan, kerja bersama pemberdayaan ekonomi subjek RA, pendaftaran tanah masyarakat (PTM) ATR/BPN," jelas dia.

Sementara itu Pj. Sekretaris daerah Kota Padang Panjang pada kesempatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut agar informasi dan narasi yang didapat lebih utuh mengenai Reformasi Agraria (RA) yang telah dilaksanakan baik untuk pemerintah maupun untuk masyarakat.

"Selamat atas deklarasi GSRA 2024 yang dilakukan BPN se-Indonesia. Dengan adanya GSRA 2024 ini bisa mendorong potensi usaha kegiatan penataan akses di kabupaten/kota seluruh Indonesia. Serta menyinkronkan kegiatan terkait dengan penataan aset dan penataan akses,” kata dia.

Deklarasi GSRA 2024 BPN juga dihadiri Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM serta staf BPN dan lainnya.