DLH Kota Solok imbau masyarakat disiplin membuang sampah

id DLH Kota Solok, imbau masyarakat, agar lebih disiplin, membuang sampah

DLH Kota Solok imbau masyarakat disiplin membuang sampah

Salah seorang petugas kebersihan DLH Kota Solok menangani sampah berserakan di kontainer. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok, Sumatera Barat mengimbau masyarakat meningkatkan kedisiplinan membuang sampah di kontainer yang telah disiapkan.

Kepala DLH Kota Solok Edrizal di Solok, Sabtu, meminta kerja sama petugas kebersihan dan seluruh masyarakat agar disiplin membuang sampah di kontainer yang telah disiapkan, sehingga tidak menimbulkan tumpukan sampah di luar kontainer.

“Walaupun di Bulan Puasa, tetap semangat dan selalu bekerja sama dengan baik untuk kawan-kawan petugas kebersihan, selanjutnya kami berharap agar masyarakat membuang sampah pada kontainer yang sudah disiapkan," kata dia.

Hal itu, katanya, agar tidak terjadi penumpukan sampah di luar kontainer sehingga para petugas juga lebih mudah mengangkut sampah.

Pemerintah kota setempat melalui petugas kebersihan telah melaksanakan berbagai upaya untuk menjaga kebersihan Kota Solok.

Namun, katanya, hal ini tentu perlu didukung dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan merawat lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

Salah seorang pengawas mobil angkutan sampah di daerah itu, Mitra Yoriska, mengatakan pengangkatan sampah dilakukan setiap hari.

Akan tetapi, katanya, walau sudah disediakan bak sampah, sampah masih sering ditemukan berserakan di luar kontainer.

Ia memperkirakan adanya oknum yang sengaja membuang sampah di luar kontainer atau memang ada hewan yang mengacak sampah sehingga sampah keluar dari bak.

“Sampah-sampah banyak yang berserakan di luar kontainer, padahal masih kosong. Kita masih belum tau siapa pelakunya, apakah masyarakat atau hewan, dan itu dibiarkan saja berserakan,” ucapnya.

Akibat sampah berserakan di luar bak, petugas kebersihan bekerja lebih ekstra, tidak hanya mengangkat sampah dari bak kontainer tetapi juga menangani sampah berserakan di luar kontainer. Jika hal itu tidak selesai akan dibantu oleh rute selanjutnya, sehingga memakan waktu lebih lama.

“Ada dahan pohon mahoni hasil pemangkasan dari beberapa oknum dibuang di luar bak kontainer, sehingga sif berikutnya harus membantu untuk melalukan pengangkutan," ucap dia.

Ia mengharapkan jika warga melihat ada orang yang membuang sampah di luar bak, maka ditegur dan diberi tahu untuk membuangnya ke kontainer.

"Tetapi kita juga tidak bisa lihat semua sepanjang hari," katanya.

Tindakan masyarakat yang disiplin dalam membuang sampah ke kontainer yang disediakan, katanya, tentunya mempermudah petugas kebersihan dalam pengangkutan sampah ke tempat pembuangan.

Sebelumnya, juga sempat ditemukan sampah berserakan di luar bak kontainer di Taman Pramuka, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan. Namun telah ditangani petugas kebersihan DLH Kota Solok, Rabu (3/4).