Pemkab Solok hadirkan beragam produk unggulan di Inacraft 2024

id Pemkab Solok, hadirkan beragam, produk unggulan, dalam, Iven Inacraft 2024

Pemkab Solok hadirkan beragam produk unggulan di Inacraft 2024

Presiden Jokowi saat mengunjungi stan Dekranasda Kabupaten Solok dalam Iven Inacraft 2024 di Jakarta (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat melalui Dekranasda ikut serta dalam pameran Kerajinan tangan dalam Inacraft 2024 dengan membawa produk-produk industri kecil menengah (IKM) unggulan daerah setempat.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Solok Yenti Nova saat dihubungi dari Solok, Kamis mengatakan pada pameran tersebut Dekranasda Kabupaten Solok membawa beragam produk IKM dengan beraneka ragam.

Ia menyebutkan produk tersebut diantaranya tenun talang sarumpun (serumpun) dari Sungai Janiah, Banun Songket Sungai Lasi, Tenun Family dari Batu Banyak Lembang Jaya, Batik Berkah Umat Bukit Tandang, Salingka Tabek Koto Baru Kubung, Batik Minang Panyakalan, Sulaman dari Lona Collection Muaro Paneh.

"Lebih lanjut, produk IKM Eco Print dari Tigo Lurah Rangkiang Luluih, Anyaman Perdana Pandan dari Junjuang Siriah, Tas By Emiko Produk asli milik Ketua Dekranasda Kabupaten Solok dan Jeliza Collection Mungkenah dari Sulit Air," ujar dia.

Ia berharap melalui pameran ini produk IKM Kabupaten Solok dapat tayang dan dikenal baik di daerah setempat, provinsi maupun di tingkat nasional.

"Kita menargetkan pada pameran Inacraft 2024 ini mulai dari tanggal 28 Februari sampai 3 Maret nanti penjualan produk IKM Kabupaten Solok dapat tembus hingga Rp50 juta," ujar Yenti.

Di samping itu, ia menjelaskan Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Pameran ini kembali digelar untuk ke-24 kalinya.

Inacraft 2024 diikuti oleh sekitar 1,5 ribu usaha kecil menengah (UKM). Pameran ini menempati seluruh hall JCC yang memiliki luas sekitar 20.231 meter per segi agar pameran dapat menampung seluruh kegiatan promosi dan acara pendukung lainnya.

Pangsa pasar diproyeksikan akan terus meningkat karena kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterampilan pengrajin dalam mengubah menjadi produk dekoratif dan kerajinan yang istimewa.

"Pameran tersebut sebelumnya juga dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana dan berkunjung ke stan-stan yang ada di pameran Inacraft 2024 ini," ucap dia.