Mahasiswa KKNT-V PNP bantu buatkan "branding" UMKM Saka Tebu Tani Lestari

id PNP, mahasiswa KKNT-V, Saka Tebu Lestasi, Talang Babungo,UMKM, kemasan, pasar digital

Mahasiswa KKNT-V PNP bantu buatkan "branding" UMKM Saka Tebu Tani Lestari

Kemasan Saka Tebu Tani Lestari, Talang Babungo, Kabupaten Solok, Sumbar. (ANTARA/HO-Tim Mahasiswa)

Padang (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Vokasi (KKNT-V) Politeknik Negeri Padang (PNP), membantu pengembangan UMKM Saka Tebu Kelompok Kilangan Tani Lestari Jorong Taratak Jarang, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, dengan membuatkan branding untuk pemasaran secara online.

Ketua Proker Pengembangan UMKM, Elvia Nora mengatakan , kegiatan ini sebagai upaya pengembangan UMKM Saka Tebu Kelompok Kilangan Tani Lestari untuk aspek pembuatan kemasan dan pemasaran secara online.

Oleh karena itu, tim KKNT-V membantu para beberapa aspek yang dipandang penting untuk membangun branding di pasar digital, kata Elvia Nora seperti rilis diterima, Rabu.

Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan program itu meliputi pembuatan logo dan label kemasan Saka Tebu dipandu oleh Elvia Nora. Rekomendasi kemasan produk dari oleh Deli Yuliana, pembuatan e-mail.

Sekaligus tim juga membuatkan akun media sosial (instagram ), dan pembuatan akun marketplace (shoope dan faceebook) dipandu oleh Yahdi Andika Saputra.

Tak lupa pula bagaimana cara promosi produk di marketplace shoope oleh Aulia Rahma, dan untuk sosialisasi marketpalace faceebook dipandu Fatma Widia, serta terkait sosialisasi perizinan UMKM disampaikan oleh Elvia Nora.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dihadiri oleh anggota UMKM Saka Tebu Kilangan Tani Lestari yang antusias, dan mendapat dukungan dari ketua pengelola kelompok.

Kegiatan Sosialisasi UMKM Saka Tebu Kelompok Kilangan Tani Lestari di Talang Babungo, Kab. Solok oleh mahasiswa KKNT-V Politeknik Negeri Padang. (ANTARA/HO-Tim KKNT-V PNP)
Ketua Pengelola Saka Tebu Alwi Fadri menyampaikan bahwa kegiatan KKNT-V Mahasiswa Politeknik Negeri Padang yang sangat bermanfaat bagi Kelompok Kilangan Saka Tebu Tani Lestari.

Sebab, keberadaan mahasiswa KKNT-V disini tidak hanya untuk menjalankan program kerja mereka khususnya di bidang pariwisata, tetapi mereka membantu peningkatan kualitas UMKM Saka Tebu dalam pengembangan pemasaran.

"Edukasi yang diberikan oleh mahasiswa KKNT sangatlah berarti bagi kemajuan dan menambah wawasan anggota UMKM dalam bidang.pamasaran

Kami apresiasi dan ucapkan terima kasih,"ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Talang Babungo Hafizur Rahman sangat mengapresiasi adanya kegiatan peningkatan wawasan anggota kelompok UMKM.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa Politeknik Negeri Padang yang sudah membantu pengembangan UMKM Saka Tebu Kelompok Kilangan Tani Lestari. Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan makin luas jangkau pasar sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga terkhusus pelaku UMKM di Nagari Talang Babungo,”ucapnya.

Ia berharap, dari program ini anggota Kelompok Kilangan Saka Tebu Tani Lestari dapat memahami teknologi digital serta memanfaatkan akun media sosial dan marketplace yang telah dibuat sebagai media promosi produk lebih luas.

Dengan adanya kemasan dan logo yang telah dibuatkan semoga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas produk UMKM kelompok kilangan saka tebu Tani Lestari, tambahnya.

Dalam program KKNT-V ini mahasiswa berada di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Sepri Neswardi, SE., MM, M.Si, Ranti Komala Dewi, SS.,N.Par.,MGATH, Novadilastri, SE.,MM, Rifdatul Husna, S.ST, M.Par.

Setelah sosialisasi selesai tim KKNT-V memberikan hasil Proker yang terlaksana yaitu desain logo, desain kemasan, akun media sosial, marketpalace, dan materi sosialisasi yang dapat membantu anggota kelompok Kilangan Saka Tebu Tani Lestari untuk terus memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapat.*

Kegiatan Sosialisasi UMKM Saka Tebu Kelompok Kilangan Tani Lestari di Talang Babungo, Kab. Solok oleh mahasiswa KKNT-V Politeknik Negeri Padang. (ANTARA/HO-Tim KKNT-V PNP)