Kemenkumham Sumbar perkuat manajemen anggaran 2024

id Kemenkumham Sumbar

Kemenkumham Sumbar perkuat manajemen anggaran 2024

Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Barat (Sumbar) berupaya menguatkan dukungan manajemen anggaran 2024 melalui rapat koordinasi yang digelar selama tiga hari mulai dari Rabu hingga Jumat (12/1).

"Melalui rapat koordinasi ini kami memperkuat dukungan manajemen anggaran yang muara akhirnya nanti adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto usai membuka acara di Padang.

Ia mengatakan dari rapat koordinasi itu nantinya akan didapatkan sebuah manajemen penggunaan anggaran yang tertata dan realisasi dengan baik, dimotori oleh Divisi Administrasi Kemenkumham Sumbar.

Ia mengatakan penguatan terhadap manajemen anggaran menjadi sesuatu yang penting di awal tahun, agar setiap program yang digulirkan oleh Kemenkumham Sumbar sepanjang 2024 menerapkan manajemen anggaran yang baik.

"Total pagu anggaran Kanwil Kemenkumham Sumbar pada 2024 dari 37 satuan kerja yang ada sebesar Rp219.405.879.000. Maka penggunaannya harus sesuai dengan prinsip-prinsip penggunaan anggaran pemerintah," katanya.

Ia mengatakan hasil rapat koordinasi nantinya menjadi pedoman dalam menerapkan manajemen anggaran, mulai dari penyusunan rencana kerja, target, jadwal, kebutuhan anggaran, hingga evaluasi pelaksanaan.

Menurutnya dalam rapat koordinasi itu pihak Kemnekumham Sumbar sengaja menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai instansi untuk menghimpun berbagau ide, masukan, serta inovasi apa yang bisa diterapkan pihaknya.

Narasumber yang dihadirkan di antaranya adalah pihak BPKP Sumbar, Kejaksaan Tinggi, BKN Kanreg XII Pekanbaru, Ombudsman, dan DJPB Sumbar.

"Kami tentunya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dalam hal manajemen anggaran, namun demikian kami tentu butuh juga pandangan, masukan, dan perspektif baru dari instansi lain yang mungkin bisa dijadikan inspirasi," jelasnya.

Pada bagian lain, dalam rangkaian kegiatan itu Kemenkumham Sumbar juga berupaya meningkatkan fungsi dan peran kehumasan.

Narasumber untuk bidang tersebut adalah pewarta dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sumbar yang akan memberikan materi terkait penulisan berita dan foto pada Kamis.

"Tujuannya adalah meningkatkan kapasitas serta kecakapan insan humas Kemenkumham Sumbar dalam menyiarkan informasi maupun program yang bermanfaat kepada masyarakat luas," jelasnya.