PERNEFRI peringati hari ginjal sedunia di Solok Selatan

id PERNEFRI,hari ginjal sedunia di Solok Selatan,Berita solsel,Berita sumbar

PERNEFRI peringati hari ginjal sedunia di Solok Selatan

Petugas kesehatan mengambil sampel darah masyarakat yang melakukan pemeriksaan dan skrining saat peringatan Hari Ginjal Sedunia yang dilakukan di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan, di Padang Aro, Sabtu

Padang Aro (ANTARA) - Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) wilayah Sumatera Barat menjadikan Kabupaten Solok Selatan sebagai lokasi peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 dan melakukan pemeriksaan kesehatan serta seminar berkaitan dengan Kesehatan ginjal.

"kegiatan ini merupakan kerja sama antara PERNEFRI Koordinator wilayah Sumbar-Riau-Kepri dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan harapan akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat setempat untuk menjaga kesehatannya, terutama kesehatan ginjal," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Pendewal, di Padang Aro, Sabtu .

Dia mengatakan Peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 ini sudah dimulai sejak 14 Maret 2024 melalui kampanye kesehatan ginjal di laman website dan akun media sosial.

Pada acara peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 ini dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu senam bersama, pengobatan oleh dokter spesialis penyakit dalam, skrining kesehatan gratis oleh Prodia.

Koordinator PERNEFRI Wilayah Sumbar Riau Kepri Harnavi Harun, mengatakan Solok Selatan dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan Hari Ginjal Sedunia di Sumatera Barat mengingat dukungan pemerintah terhadap kesehatan yang sangat besar.

"Solok Selatan memiliki perhatian lebih terhadap kesehatan dan terus memberikan support besar kepada kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ginjal oleh sebab itu kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten ini," katanya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan kesehatan untuk penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus serta beberapa penyakit lainnya.

Salah seorang dokter yang melakukan screening kesehatan Evelin Veronike mengatakan, Pemeriksaan diutamakan untuk penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus karena kedua penyakit ini berisiko ginjal ke depan.

Dia menyebutkan jika ditemukan masyarakat yang dinilai berisiko penyakit ginjal dalam pemeriksaan ini akan dirujuk langsung ke RSUD Solok Selatan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Sudah ada beberapa orang yang dirujuk," katanya.

Selain screening kesehatan pada Minggu 5/5 akan dilakukan CFD bersama dan seminar kesehatan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan.