Polres Agam fokus amankan objek wisata selama Operasi Lilin

id Polres Agam,Operasi Lilin Singgalang,Nataru agam

Polres Agam fokus amankan objek wisata selama Operasi Lilin

Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat memasang pita tanda dimulai Operasi Lilin Singgalang. Dok Polres Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat mendirikan lima pos dengan mengerahkan 150 personil pada Operasi Lilin Singgalang digelar selama 12 hari dimulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan ke lima pos itu yakni satu pos pelayanan dan empat pos pengamanan.

"Kita mengerahkan 150 personil untuk pengamanan Operasi Lilin Singgalang," katanya saat apel gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang di halaman Kapolres Agam, Kamis.

Ia mengatakan, untuk Pos Pelayanan dipusatkan di Simpang Gudang Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung.

Sedangkan pos pengamanan didirikan di empat lokasi yakni pos pengamanan Objek Wisata Pantai Tiku, pos pengamanan Objek Wisata Linggai Park, pos pengamanan Objek Wisata Muko-Muko dan pos pengamanan Objek Wisata Puncak Lawang dan Lawang Park.

"Objek wisata tersebut bakal ramai dikunjingi saat libur akhir tahun," katanya.

Ia mengakui, ke 150 Personil itu akan dibagi menjadi lima Satgas yakni, Satgas Preventif, Satgas Preemtif, Satgas Penegakan Hukum

Lalu Satgas Bantuan Operasional (Banops) khusus untuk musibah tanggap bencana alam, Satgas Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas)

Selain itu, Polres Agam juga akan mengaktifkan tim patroli khusus untuk memonitor rumah warga yang ditinggal mudik liburan Natal dan tahun baru.

"Kita bakal melakukan patroli ke perumahan yang ditinggal oleh pemiliknya dalam mengantisipasi pencurian," katanya.

Polres mengimbau pengendara untuk mematuhi aturan berlalu lintas, tidak kebut-kebutan, memeriksa kondisi kendaraan, istirahat saat mengantuk dan lainnya dalam mengantisipasi kecelakaan.