400 pasukan Operasi Lilin Polresta Bukittinggi disiapkan amankan Nataru

id Operasi Lilin Polresta Bukittinggi,NATARU BUKITTINGGI

400 pasukan Operasi Lilin Polresta Bukittinggi disiapkan amankan Nataru

Kapolresta Bukittinggi, Kombespol Yessi Kurniati saat memeriksa kesiapan petugas keamanan untuk Operasi Lilin 2023. Sebanyak 400 personel gabungan disiapkan di wilayah hukum Polresta Bukittinggi dalam libur Nataru (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Sebanyak 400 personel disiapkan dalam Operasi Lilin Polresta Bukittinggi dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru). Apel Gelar Pasukan digelar dipimpin langsung Kapolresta Bukittinggi, Kamis.

"Operasi Lilin 2023 di wilayah hukum Polresta Bukittinggi melibatkan 225 Personil Polresta Bukittinggi, dan sisanya personil gabungan unsur terkait, 400 lebih personil tersebut akan disebar di pos yang telah ditetapkan," kata Kapolresta Kombespol Yessi Kurniati.

Ia menyebut petugas menyiapkan dua Pos Pengamanan, dua Pos Pelayanan dan satu Pos Pengamanan Terpadu yang dipusatkan di pusat kota di lokasi Jam Gadang Bukittinggi.

"Dua Pos Pengamanan berlokasi di Panorama Lobang Jepang dan Kebun Binatang (TMSBK), dua Pos Pelayanan berada di Simpang Jambu Air dan Tugu Polwan, sedangkan satu Pos terpadu berada di lokasi sekitaran Jam Gadang," katanya.

Apel Gelar Pasuakan diikuti dari Forkopimda Bukittinggipara, PJU Polresta Bukittinggi, Kasat Fung Polresta Bukittinggi, para Kapolsek Jajaran Polresta Bukittinggi, para Perwira Polresta Bukittinggi, Personil TNI-Polri serta unsur terkait lainnya.

"Operasi lilin 2023 berlangsung selama 12 hari terhitung sejak tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, kami minta partisipasi aktif semua pihak untuk keamanan Kota Bukittinggi," kata Kapolresta.

Sementara untuk antisipasi kemacetan dari banyaknya kendaraan yang keluar masuk dari Kota Bukittinggi, Satlantas mengungkap menggunakan sistem pengalihan arus.

"Khusus untuk tahun baru akan ada beberapa penutupan jalan menuju Jam Gadang untuk mengantisipasi kemacetan, sifatnya nanti situsional juga, akan dibatasi," kata Kasatlantas AKP Andhika Trisna Wijaya.

"Akses ke Jam Gadang ditutup mulai jam 17.00 WIB saat pergantian tahun baru, personel akan dilibatkan nanti untuk tertib lalu lintas," pungkasnya.

Kota Bukittinggi menjadi salah satu daerah tujuan wisata dan destinasi libur tahun baru di Sumatera Barat. Momen pergantian tahun biasa diramaikan dengan membludaknya pengunjung di sekitar Jam Gadang.