Polres Pasaman Barat keluarkan 57 tilang selama Operasi Lilin Singgalang

id Polres Pasaman Barat ,berita pasbar,berita sumbar

Polres Pasaman Barat keluarkan 57 tilang selama Operasi Lilin Singgalang

Jajaran Polres Pasaman Barat saat memberikan pengamanan saat Natal 2023 pada Operasi Lilin Singgalang yang dimulai sejak 22 Desember 2023-2 Januari 2024. Antara/HO-Humas Polres Pasaman Barat.

Simpang Empat (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat mengeluarkan 57 lembar surat tilang dan menangani tiga kecelakaan lalu lintas pada Operasi Lilin Singgalang 2023 yang dilaksanakan sejak 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

"Pada umumnya pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2023 berjalan aman dan lancar," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki usai melakukan analisa dan evaluasi Operasi Lilin Singgalang di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan dari tiga kecelakaan lalu lintas itu dengan jumlah korban luka ringan sebanyak empat orang dan satu orang yang mengalami luka berat. Untuk korban meninggal dunia tidak ada.

" Untuk 57 tilang itu dikeluarkan karena pelanggaran lalu lintas dan tidak memiliki surat kendaraan. Teguran juga dilakukan sebanyak 185 kali," katanya.

Menurutnya pelaksanaan operasi Lilin Singgalang 2023 dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2033 di Polres Pasaman Barat berjalan dengan aman dan lancar dengan mengerahkan personel sebanyak 100 orang.

Selain itu juga mendirikan dua pos pengamanan dan tiga pos pelayanan.

Ia menyebutkan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2023 yang digelar selama 12 hari ini situasi keamanan ketertiban masyarakat menunjukkan terjadi 22 kasus konvensional dan satu kasus transnasional.

"Juga 22 kasus yang meliputi kasus penganiyaan, penggelapan, pencurian penipuan, pengancaman serta persetubuhan. Kemudian satu kasus narkotika," katanya.

Selain mengamankan pada malam perayaan tahun baru, pihaknya juga menempatkan beberapa personelnya untuk mengamankan malam misa dan perayaan Ibadah Natal di 22 rumah Ibadah umat Nasrani yang tersebar diwilayah Pasaman Barat.

"Tujuannya agar umat Nasrani dapat merayakan Natal dengan penuh suka cita, upaya dalam mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat menganggu kamtibmas sudah kami lakukan dengan menempatkan personel yang berpakaian seragam guna mengamankan gereja pada saat ibadah Natal berlangsung," katanya.

Ia menegaskan pihaknya serius dalam menjaga keamanan dan keselamatan warga selama operasi Lilin Singgalang 2023.

Langkah-langkah pencegahan dan penanganan lebih lanjut diharapkan menjadi prioritas demi menciptakan harkamtibmas yang lebih aman.

"Laporan ini memberikan gambaran komprehensif mengenai langkah-langkah proaktif yang diambil oleh Polres Pasaman Barat untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama operasi ini serta persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024," sebutnya. ***2***