Polda Sumbar kerahkan 3.500 personel amankan Operasi Lilin

id Polda Sumbar,Berita sumbar,Berita padang,Operasi Lilin polda sumbar

Polda Sumbar kerahkan 3.500 personel amankan Operasi Lilin

Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah ( Polda) Sumatera Barat mengerahkan 3.500 personel dalam mengamankan pelaksanaan Operasi Lilin yang digelar sejak 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono di Padang mengatakan jumlah personel ini flexible untuk melakukan pengamanan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru.

"Dari 10.500 personel kepolisian di daerah ini nanti jika diperlukan akan memback up personel yang bertugas. Kita juga melibatkan TNI serta unsur forkopimda dan masyarakat dalam melakukan pengamanan," kata dia.

Ia juga mengajak masyarakat untuk terlibat melakukan pengamanan melalui pengamanan individu menjaga diri dan keluarga untuk turut serta melakukan pengamanan lingkungan.

"Kita juga menempatkan personel khusus di jalur lalu lintas dan simpul kemacetan untuk membantu masyarakat yang melakukan mobilisasi," kata dia.

Menurut dia sesuai arahan Presiden Joko Widodo serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit agar pelaksanaan Natal dan Tahun Baru ini berjalan dengan aman dan lancar serta tidak ada yang membuat resah.

"Kita imbau warga untuk menjaga situasi aman, tidak ada kumpul massa yang kontra produktif, wujudkan ketertiban dan keamanan,"kata dia.

Dalam melakukan pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup dengan menekankan agar empat hal ini terwujud yakni masyarakat tidak terganggu karena rasa khawatir, adanya kepastian hukum, rasa nyaman dan rasa tentram.

"Kalau empat hal itu belum dipenuhi berarti pelayanan kepolisian dalam melayani masyarakat belum optimal," kata dia