Polres Pasaman Barat siapkan tim tanggap bencana selama Natal-Tahun Baru

id Polres Pasaman Barat,Berita pasbar,Berita sumbar,Operasi Lilin 2023 di Simpang Empat

Polres Pasaman Barat siapkan tim tanggap bencana selama Natal-Tahun Baru

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki bersama Forkopimda melakukan pengecekan mobil Basarnas sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 usai apel gelar pasukan Operasi Lilin 2023 di Simpang Empat, Kamis (21/12/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat menyiapkan tim tanggap bencana dan sarana prasarana bersama instansi terkait untuk antisipasi dampak bencana saat perayaan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kita telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas dan BMKG terkait mitigasi bencana karena saat ini curah hujan cukup tinggi," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki usai menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin 2023 di Simpang Empat, Kamis.

Menurutnya persiapan personel, sarana prasarana pendukung mitigasi bencana sangat diperlukan saat ini karena Pasaman Barat sangat rawan banjir dan longsor.

"Saat apel gabungan ini kita juga melakukan pengecekan sarana prasarana kesiapsiagaan bencana," katanya.

Ia mengatakan jajaran Kepolisian Sektor dan Bhabinkamtibmas juga ikut mengawasi situasi di daerah masing-masing terkait bencana alam serta mempersiapkan langkah-langkah antisipasinya.

"Sampai saat ini situasi di Pasaman Barat masih aman. Mudah-mudahan tidak terjadi bencana. Dihimbau masyarakat tetap waspada karena saat ini curah hujan tinggi," ujarnya.

Ia menyebutkan pihaknya juga menyiapkan personel pengamanan dan pelayanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pihaknya mendirikan pos pengamanan di Simpang Sumber Agung Kinali dan di Jambak Jalur 1 Kecamatan Luhak Nan Duo.

Sedangkan untuk pos pelayanan didirikan di Pantai Sasak, Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis.

"Pos pelayanan itu berada di lokasi objek wisata karena diprediksi akan ramai dikunjungi saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," katanya.

Personel Polres Pasaman Barat akan bergabung dengan personel lainnya dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap menjaga keamanan ketertiban masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 termasuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang saat ini sudah tahap kampanye.

Saat apel gelar pasukan Operasi Lilin yang akan dilaksanakan 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024, Kapolres Pasaman Barat juga membacakan amanat Kapolri tentang pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dalam amanat itu selain menekankan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 juga menekankan pelayanan di objek wisata, tempat keramaian dan kesiapsiagaan kelancaran lalu-lintas.