Ketua DPRD: Mengenali potensi diri cara strategis tentukan arah masa depan

id DPRD Sumbar Supardi

Ketua DPRD: Mengenali potensi diri cara strategis tentukan arah masa depan

Para siswa mengikuti program tes minat bakat yang dilaksanakan di SMA N 3 Payakumbuh pada Rabu (13/12). (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mengatakan generasi muda yang mampu mengenali berbagai potensi dalam dirinya merupakan cara strategis untuk menentukan arah masa depan.

"Tes minat dan bakat merupakan upaya yang penting demi menciptakan generasi emas di masa depan," kata Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Kamis.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi saat membuka program tes minat bakat yang dilaksanakan di SMA N 3 Payakumbuh pada Rabu (13/12).

Supardi mengatakan dalam menentukan masa depan, banyak generasi muda mengikuti arus yang berkembang pada saat itu. Sehingga kerap mengabaikan potensi diri yang sebenarnya.

Sebagai contoh ketika sedang tren masuk kedokteran, maka semua ingin masuk jurusan itu. Kenyataannya orang tersebut tidak memiliki potensi untuk menempuh pendidikan tersebut.

"Deteksi potensi diri melalui tes minat dan bakat penting dilaksanakan, karena berkaitan dengan masa depan anak," katanya.

Menurutnya, tidak ada yang mengetahui pasti potensi yang ada di dalam diri tiap individu, termasuk orang tua bahkan diri sendiri. Melalui program tersebut, ia menyakini dapat mengetahui bagaimana seharusnya individu menentukan arah masa depan yang cocok untuk dijalani.

Dalam dunia pendidikan, lanjutnya, penting untuk mengidentifikasi potensi anak. Selama ini hanya meraba-raba dan tidak ada pemetaan yang strategis mengenai masa depan anak sesuai bakat yang dimiliki.

"Negeri akan maju ketika kita mampu untuk mengubah pola pikir pendidikan, semua mengingatkan anak-anak mendapatkan masa depan yang cerah namun potensinya tidak diketahui, sehingga perlu diadakan tes minat bakat," ujarnya.