Pemkab Solok masifkan edukasi ke calon pengantin tekan angka sunting

id Pemkab Solok, masifkan, edukasi ke calon, pengantin tekan, angka sunting

Pemkab Solok masifkan edukasi ke calon pengantin tekan angka sunting

Bupati Solok Epyardi Asda saat menghadiri kegiatan nikah massal di Kecamatan Lembah Gimanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat memasifkan edukasi ke calon pengantin sebagai upaya menekan angka stunting sejak dini di daerah setempat.

Bupati Solok Epyardi Asda di Solok, Rabu mengatakan stunting itu disebabkan oleh faktor ekonomi, maka salah satu pencegahan stunting di kabupaten solok beserta Solok Super Tim adalah mengutamakan peningkatan ekonomi masyarakat.

Jika ekonomi masyarakat sejahtera maka kemungkinan untuk terjadi stunting sedikit karna masyarakat mendapat gizi yang cocok dan masyarakat bisa langsung mencari apa yang mereka butuhkan karna ekonomi yang memadai.

Pemkab Solok juga akan menyediakan susu bagi seluruh posyandu yang ada di kabupaten solok yang berasal dari susu murni dan pengolahan yang baik.

Ia juga meminta saran kepada rombongan agar bisa selalu membantu dalam memerangi stunting di Kabupaten Solok khususnya, dengan ide-ide yang ada di BKKBN RI.

Selaku bupati Solok, ia juga sangat berharap kepada seluruh Kader di kabupaten solok untuk tetap semangat dan bergerak bersama dalam mensukseskan penurunan stunting di kabupaten solok menuju angka 15% persen.

Di samping itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Solok (DPPKBP3A) Maryeti Marwazi mengucapkan selamat datang kepada bapak sekretaris utama BKKBN RI berserta rombongan dan bapak Bupati Solok beserta rombongan dan juga tamu undangan yang hadir pada acara hari ini.

Ia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi Calon Pengantin (Catin) dan pengimputan data catin ke aplikasi elektronik siap nikah dan hamil (elsimil) dan mempermudah segala urusan bagi catin.

Sekretaris Utama BKKBN RI Tavip Agus Rayanto mengapresiasi Bupati Solok serta seluruh jajajaran serta panitia pelaksana kegiatan ini yang sudah manyambut kami dengan sangat baik.

Tahun 2045 adalah tahun indonesia Emas bagi bapak Presiden RI, maka dari itu SDM sebagai sumber utama bagi tujuan ini sangat penting untuk kemajuan indonesia di masa depan karna berhubungan dengan stunting maka harus kita brantas secara maksimal guna menciptakan SDM yang bermutu untuk di persiapkan menuju Indonesia Emas 2045.

Stunting di mulai dari pencegahan dini maka kita akan mulai dari calon pengantin, dari calon pengantin ini lah kita dapat mengetahui kesehatan calon pengantin, jika pengantin sudah sehat kita bisa menilai jika terjadi hamil maka bisa kita perkirakan sekitar 80% anak itu terlahir dalam keadaan sehat.

Pemerintah akan selalu hadir untuk membantu pengantin dalam mengatasi stunting.

Kabupaten Solok adalah satu-satunya daerah yang memperkenalkan pernikahan masal di indonesia, kegiatan ini sangat bagus untuk bisa kami perkenalkan bagi daerah lain.

"Kami sangat berharap mudah-mudahan dengan terlihatnya penurunan tingkat stunting di Kabupaten Solok bisa lebih memacu semangat Bupati serta kita semua untuk lebih giat lagi menurunkan Stunting di indonesia, Sumatera Barat dan Kabupaten Solok Khusunya," ujar dia.