Pemkab Agam kerahkan dua Puskel layani sekolah-desa adat

id Pemkab Agam,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam kerahkan dua Puskel layani sekolah-desa adat

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam Roza Linda. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat menggerahkan dua unit mobil pustaka keliling (Puskel) dalam melayani sekolah dan nagari atau desa adat untuk meningkatkan minat baca pelajar dan masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam Roza Linda di Lubuk Basung, mengatakan dua unit mobil pustaka keliling itu mengunjungi sekolah dan pemerintah nagari.

"Kunjungan ke sekolah dan nagari berdasarkan kerjasama yang telah dilakukan dan pihak sekolah maupun nagari bersurat ke kita," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan itu dilakukan ke sekolah yang jauh dari Pustaka Daerah, sehingga siswa dan warga bisa terlayani.

Layanan itu dilakukan di Kecamatan Ampek Nagari, Tanjung Mutiara, Tanjung Raya dan daerah lainnya dengan membawa ratusan eksemplar buku.

Dengan cara itu, minat baca pelajar dan masyarakat tinggi di Agam, sehingga dapat meningkatkan sumber daya manusia.

"Kita terus melakukan terobosan dalam peningkatan minat baca dari pelajar dan warga," katanya.

Ia menambahkan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam juga melayani peminjaman buku di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuk Basung.

Di Lapas itu, Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam meminjamkan 150 eksemplar buku dan buku diganti setiap bulannya.

"Kita bakal menukar buku setiap bulannya, sehingga judul akan berganti setiap bulan dan warga binaan pemasyarakatan yang membaca tidak bosan," katanya.