Bank Nagari-BI gelar festival QRISSATE Nagari 2023

id bank nagari,non tunai, QRIS, BI

Bank Nagari-BI gelar festival QRISSATE Nagari 2023

Suasana gelar festival QRISSATE Nagari 2023 oleh B.ank Nagari-BI Sumbar (ANTARA/HO-BN)

Padang (ANTARA) - Bank Nagari berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat menggerlar even Festival QRISATE Nagari yang diadakan di lapangan parkir barat GOR H Agus Salim Padang, sehingga dipadati pengunjung Car Free Day (CFD), pada 22 Oktober 2023.

Prosesi peresmian festival itu ditandai pemukulan gendang oleh Direktur Utama Bank Nagari, Muhamad Irsyad, Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Endrizal, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Dandi Indarto Seno, Wali Kota Padang diwakili Asisten II Didi Aryadi, Direksi Bank Nagari, serta tim senam pagi Porpi Sumbar.

Menariknya, pengunjung hanya perlu membayar Rp78 untuk mendapatkan satu porsi sate senilai Rp10.000. Syarat pembayaran pengunjung cukup scan barcode QRIS merchant via Mobile Banking Bank Nagari atau Bank Lain atau media dompet digital lainnya. Berikutnya, mereka akan mendapatkan kupon yang bisa ditukarkan dengan sate yang diinginkan.

Festival QRISATE Nagari ini menghadirkan 30 pedagang sate yang merupakan nasabah Bank Nagari yang menjadi kelolaan 4 Cabang Bank Nagari di Kota Padang. Yaitu Cabang Utama, Cabang Pasar Raya, Cabang Siteba dan Cabang Syariah Padang. Di mana masing-masing pedagang menyediakan 100 porsi sate seharga Rp10.000 dengan cita rasa varian yang berbeda, kata Direktur Utama Bank Nagari, Muhamad Irsyad, saat pembukaan Festival QRISATE Nagari.

Irsyad menekankan pada program promosi produk sate yang dilakukan pada festival ini, juga sekaligus peningkatan layanan transaksi keuangan secara digital Bank Nagari. Dimana bank ini berperan aktif dengan menyediakan sistem pembayaran nontunai atas transaksi pembelian masing-masing produk satai ini dilakukan secara cashless melalui QRIS Bank Nagari.

Ia menyebutkan tujuan dari festival ini adalah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait peningkatan pembayaran digital menggunakan QRIS. “Selama festival ini, Bank Nagari juga hadir di sini mengenal Bank “Awak” secara lebih dekat serta membantu dan memudahkan para pengunjung dalam membeli produk UMKM Sumbar dalam akses pembayaran nontunai via QRIS Bank Nagari,” tutur Irsyad.

Terkait implementasi layanan QRIS ini, Irsyad menegaskan Bank Nagari merupakan Bank Pembangunan Daerah pertama di Sumatera yang mendapatkan izin dari Bank Indonesia terkait layanan QRIS dan ketiga BPD seluruh Indonesia. “Saat ini seluruh UMKM Binaan Bank Nagari kisaran 35.000 telah menjadi merchant QRIS Bank Nagari dengan nominal transaksi telah mencapai lebih dari Rp300 miliar, jumlah transaksi lebih 1,3 juta,” papar Irsyad.