Pemkab Pasaman Barat adakan lomba bercerita guna tingkatkan minat baca

id Lomba bercerita

Pemkab Pasaman Barat adakan lomba bercerita guna tingkatkan minat baca

Salah satu peserta lomba bercerita yang diadakan Pemkab Pasaman Barat dalam upaya meningkatkan minat baca di Simpang Empat, Selasa (15/8/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Pasaman Barat

Simpang Empat,- (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengadakan lomba bercerita tingkat sekolah dasar (SD)/ madrasah ibtidaiah (MI) se-kabupaten itu guna meningkatkan minat baca pelajar setempat.

Staf Ahli Bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial Bupati Pasaman Barat Adrianto di Simpang, Empat, Selasa, mengatakan kegiatan itu diadakan untuk meningkatkan gemar membaca anak sejak dini.

Dia menjelaskan upaya itu dapat dibentuk melalui pola pendidikan, baik secara formal maupun nonformal, yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan, serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga dan sekolah.

"Menumbuhkembangkan minat baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti mendongeng, bercerita, dan sejenisnya. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran atau menumbuhkan minat baca anak-anak," katanya.

Ia menyambut baik kegiatan lomba ini dengan harapan tetap berlanjut sehingga dapat meningkatkan motivasi masyarakat, terutama anak-anak di kalangan pelajar, yang saat ini di tingkat SD atau MI.

"Selain itu kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi pemkab dalam menjadikan Pasaman Barat yang maju, bermartabat, dan sejahtera dengan membangun SDM yang berkualitas dan berdaya saing sehingga ke depan semakin menguatkan jati diri dan karakter sebagai masyarakat Pasaman Barat," kata dia.

Ketua pelaksana kegiatan, Pepi Sandra, menjelaskan tujuan lomba tersebut meningkatkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media.

Selain itu, katanya, meningkatkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan berkarakter, semangat persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan budaya gemar membaca pada pelajar terhadap buku sastra dan seni.

"Diharapkan nanti dapat menumbuhkan jiwa seni terhadap pelajar dan dapat menyalurkan bakat dan hobi serta untuk memukul percaya diri dalam menciptakan mental pelajar supaya tampil dalam berbagi kegiatan," ujarnya.

Kegiatan itu diikuti 16 peserta dengan hadiah berupa uang tunai dan tropi.