Padang Panjang gelar lomba bercerita untuk tumbuhkan minat baca anak

id lomba bercerita,kota literasi,padang panjang

Padang Panjang gelar lomba bercerita untuk tumbuhkan minat baca anak

Pembukaan lomba bercerita bagi murid SD di Padang Panjang (ANTARA/HO-DIskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menggelar lomba bercerita bagi murid tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk menumbuhkan minat membaca bagi anak.

Sebanyak 80 murid SD dan sederajat mengikuti lomba yang digelar di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang, Kamis.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat Alvi Sena mengatakan menumbuhkan minat baca saat ini bukan pekerjaan mudah karena mesti bersaing dengan kecanggihan teknologi yang menarik anak untuk lebih dekat dengan gawai dibanding buku.

"Dengan ada lomba bercerita diharapkan menumbuhkan minat membaca karena untuk mampu menyampaikan sebuah cerita, ada informasi dulu yang diperoleh dari membaca buku," katanya.

Hal itu menurutnya juga dapat mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta anak terhadap budaya daerah melalui cerita rakyat yang dibaca, membangun karakter dan memunculkan semangat untuk belajar.

Selain menanamkan gemar membaca sedini mungkin, lomba ini juga bertujuan untuk mewujudkan Padang Panjang sebagai kota literasi serta meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi.

Ketua panitia lomba bercerita Yoni Aldo menambahkan selain lomba bercerita juga diadakan berbagai lomba lain seperti Lomba Perpustakaan Kelurahan, taman baca masyarakat, pojok baca serta lomba pustakawan berprestasi tingkat SD, SMP dan SMA se-Padang Panjang.

"Semuanya dalam bentuk rangkaian lomba dalam agenda Festival Literasi tahun ini," katanya.

Dewan Juri dari kegiatan lomba bercerita tersebut yaitu akademisi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, pegiat literasi dan pendongeng.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar