Desa Aia Manggih Selatan semarakkan HUT RI dengan sejumlah lomba

id DesaAia Manggih Selatan,Hut ri 78,Berita pasaman,Berita sumbar

Desa Aia Manggih Selatan semarakkan HUT RI dengan sejumlah lomba

Walinagari Aia Manggih Selatan, Herizon bersama jajarannya, Jumat.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Desa Aia Manggih Selatan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman menggelar sejumlah lomba dalam upaya memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023.

Wali Nagari Aia Manggih Selatan, Herizon mengatakan dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan tersebut, yang paling terpenting adalah memasang bendera merah putih didepan rumah masing-masing dari tanggal 1 hingga 31 Agustus 2023.

"Hal ini sengaja kita himbau kepada seluruh lapisan masyarakat setempat agar turut serta menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Pengibaran dan pemasangan bendera yang dilakukan masyarakat menjadi suatu simbol bahwa masyarakat berpartisipasi dalam perayaan kemerdekaan ini," ungkap Herizon.

Selain itu, katanya, Desa Aia Manggih Selatan juga menggelar lomba kampung termeriah dengan cara masyarakat diminta untuk menghias kampungnya masing-masing, seperti pembuatan gapura, pemasangan umbul-umbul, marawa dan membuat dasa wisma.

Pemenang Kampung termeriah di Nagari tersebut, nantinya akan mewakili Desa Aia Manggih Selatan pada Penilaian Kampung Termeriah Tingkat Kecamatan Lubuk Sikaping yang akan dinilai oleh Tim Juri Kecamatan pada tanggal 13 s/d 16 Agustus mendatang.

"Dalam hal ini, kita mengajak masyarakat untuk mengeluarkan ide-ide kreatif untuk menghias kampung mereka semeriah mungkin. Kita juga melakukan penilaian terhadap kampung yang paling meriah nantinya," ucap Herizon.

Disamping itu, dia juga menggandeng organisasi Karang Taruna Nagari dan Lembaga Nagari setempat untuk mempersembahkan Indonesia Merdeka Festival.

"Kita juga menggelar perlombaan anak-anak dan pertunjukan seni nagari, diantaranya penampilan tari, solo song, lomba makan kerupuk, balap karung, tebak kata, estafet tepung dan lain sebagainya," katanya.

Pada puncak peringatan kemerdekaan Indonesia yang digelar Aia Manggih Selatan ini, pihak nagari bakal menggelar turnament bola volly gembira yang dilaksanakan pada Selasa tanggal 15 Agustus 2023, yang pesertanya dari Forkopimca dan Nagari se Kecamatan Lubuk Sikaping. Turnament tersebut bakal di gelar di lapangan volly kamboja Nagari Aia Manggih Selatan.

Sementara Ketua Bamus Nagari Aia Manggih Selatan, Ade Suryadi didampingi Wakilnya, Ferisa Putra menyampaikan bahwa kegiatan lomba itu dilaksanakan bertujuan agar masyarakat selalu mengenang jasa para lahlawan yang telah memperjuang kemerdekaan RI.

"Menyalurkan aspirasi dan ide-ide kreativitas masyarakat, menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan menumbuhkan semangat gotong royong di tingkat Nagari," katanya.

Menurutnya, pembinaan yang dilakukan oleh Camat Lubuk Sikaping, Kapolsek Lubuk Sikaping, Danramil, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Wali nagari untuk menciptakan rasa aman, tentram, kepedulian, kebersihan serta semangat gotong royong tidak hilang di tengah-tengah masyarakat Nagari dan bentuk salah satu memperingati jasa jasa para pahlawan dalam membela NKRI.

Dia pun menuturkan agar kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya dan diharapkan pihak Nagari serta Kepala Jorong juga dapat menghidupkan kembali gerakan gotong royong kebersihan lingkungan setiap Bulannya, mengingat Bupati Pasaman telah mencanangkan program Pasaman sehat.