Pemkot Padang promosikan wisata unggulan di Rakernas Apeksi 2023

id Pariwisata,Padang,Sumbar,Apeksi,Makassar

Pemkot Padang promosikan wisata unggulan di Rakernas Apeksi 2023

Kepala Dinas Pariwisata Padang Yudi Indra Syani (kemeja biru) saat mengunjungi stan Pemkot Padang dalam Rakernas Apeksi 2023 di Makassar, pada Rabu (12/7/2023). ANTARA/HO-DOK.PRIBADI

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mempromosikan berbagai destinasi wisata andalan pada Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Malam ini akan digelar pawai seni dan budaya dalam rangkaian kegiatan Apeksi 2023, dan kami telah menyiapkan berbagai potensi pariwisata untuk dikenalkan langsung ke seluruh peserta serta tamu undangan yang hadir di Makassar," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang Yudi Indra Syani dihubungi di Padang, Rabu.

Ia yang hadir langsung ke Makassar menyebutkan berbagai potensi wisata yang dikenalkan meliputi pemandangan alam, wisata bahari, pantai, laut, cagar budaya, hingga seni tradisi di Kota Padang.

Destinasi wisata yang dikenalkan di antaranya Air Terjun Lubuak Hitam, Jembatan Siti Nurbaya, Tabing Batu Busuak, Pabrik Indarung I, Air Terjun Lubuak Minturun, kawasan Gunuang Padang, Batu Malin Kundang, Pantai Air Manis dan Pulau Pisang Ketek.

Selain itu pihaknya juga mengenalkan tempat-tempat ikonik di ibu kota Sumbar itu seperti Masjid Raya Sumbar, Masjid Al-Hakim yang berlokasi di pinggir Pantai padang, kawasan Kota Tua, serta Tugu Apeksi yang menjadi penanda bahwa Padang pernah menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi pada 2022.

"Kami juga mengenalkan berbagai seni dan tradisi yang ada mulai dari rabab, randai, sepak rago, balanse madam, limau barongge, gambang, serak gulo dan lain-lain," jelasnya.

Ia mengatakan berbagai potensi pariwisata itu telah dirangkum dalam satu video yang akan diputar pada Rabu (12/7) malam di Makassar, disertai narasi untuk memberikan penjelasan kepada hadirin.

"Setelah pemutaran video juga akan dilakukan pawai sepanjang 209 meter, perwakilan dari Padang akan tampil mengenakkan pakaian adat

Minangkabau," jelasnya.

Indra mengatakan momen Rakernas Apeksi merupakan peluang bagi Padang untuk mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki kepada masyarakat secara luas.

"Seperti kita tahu peserta Apeksi berasal dari berbagai kota yang di Indonesia, maka ini menjadi kesempatan bagi kita untuk mempromosikan objek wisata yang ada di Padang," jelasnya.

Ia berharap gencarnya promosi yang dilakukan tersebut bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Padang yang muaranya adalah meningkatkan perputaran ekonomi daerah.

Pada bagian lain, dalam Rakernas Apeksi 2023 di Makassar, Pemkot Padang juga memamerkan bermacam-macam kuliner serta hasil kerajinan di stan di lokasi kegiatan.

Rapat Kerja Nasional Apeksi 2023 berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan, mulai 10 hingga 14 Juli 2023.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Padang promosikan wisata unggulan di Rakernas Apeksi 2023