Kadin dorong percepatan pembangunan jalan tol di Sumbar

id Sumbar,Kadin Sumbar

Kadin dorong percepatan pembangunan jalan tol di Sumbar

Wakil Ketum Bidang Otonomi Daerah Kadin Sumbar Yudas Sabbaggalet (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumatera Barat mendorong percepatan pembangunan jalan tol yang masih tersendat di daerah setempat

“Kita sudah mendiskusikan langkah apa saja yang dapat kita lakukan dalam membantu pemerintah dalam melakukan percepatan,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Otonomi Daerah Kadin Sumbar Yudas Sabaggalet di Padang, Rabu

Menurut Bupati Kepulauan Mentawai dua periode itu tanpa keberadaan jalan tol di Sumbar, provinsi ini akan kalah bersaing dari daerah lain baik dari bidang ekonomi maupun infrastruktur daerah.

“Kita berharap pembangunan ini dapat diwujudkan sehingga berdampak bagi ekonomi daerah. Jalan tol ini juga merupakan perhatian pemerintah pusat kepada Sumbar agar meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Ia menjelaskan Kadin merupakan komponen yang dapat membantu pemerintah provinsi dalam menggerakkan perekonomian.

“Kadin ini terdiri dari pelaku usaha dan akademisi yang nantinya mengeluarkan rekomendasi kepada pemerintah dalam memajukan ekonomi,” kata dia.

Menurut dia Sumatera Barat ini melalui pemerintah kota dan kabupaten memiliki potensi dan aset yang dapat meningkatkan ekonomi daerah.

Mulai dari potensi pariwisata, budaya dan Usaha Mikro Kecil Menengah yang menjadi kekuatan dalam menumbuhkan perekonomian.

Saat ini UMKM di Sumbar sudah mulai ada namun sebagian besar masih tradisional sehingga perlu upaya modernisasi supaya dapat menembus pasar di luar Sumatera Barat.

“UMKM ini jangan hanya di Sumbar namun harus keluar dan ini menjadi tugas Kadin dalam membantu mereka membangun jaringan dan marketing,” kata dia.

Sementara Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Sumbar Sengaja Budi Syukur mengatakan pengukuhan pengurus Kadin Sumbar sebagai momentum kebangkitan pengusaha ranah Minang agar bisa menjadi tuan di negeri sendiri.

Menurut dia Kadin Sumbar di bawah Ketum Buchari Bachter siap berkolaborasi dengan semua pihak.

“Kadin Sumbar siap membuka pintu kolaborasi dan sinergi selebar-lebarnya, baik dengan swasta maupun pemerintah.Juga siap menjadi elemen penting meningkat perekonomian Sumbar,” kata dia.

Kadin sebagai wadah berhimpun pengusaha yang punya peran penting dalam menggerakkan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian. “Semoga dengan pelantikan ini pengusaha Sumbar lebih percaya diri menghadapi kondisi global."

"Kadin Sumbar periode ini memfokuskan kemajuan UMKM. Kadin Sumbar siap mendukung pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional,” kata dia.