Gubernur Mahyeldi ajak Kadin bersinergi bangun daerah

id Gubernur

Gubernur Mahyeldi ajak Kadin bersinergi bangun daerah

Gubernur Mahyeldi mengajak Kadin bersinergi untuk membangun daerah. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengajak Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumbar untuk bergandengan tangan dalam membangun daerah. Ia menilai, pembangunan tidak akan maksimal jika hanya mengandalkan pemerintah semata, perlu keterlibatan banyak pihak, termasuk dunia usaha.

"Mari kita bangun Sumbar ini bersama-sama, melalui kolaborasi dan sinergitas," kata Mahyeldi saat memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan Pengurus dan Rapimprov Kadin Prov. Sumbar masa bakti 2022-2027 di Padang, Rabu (12/07/2023).

Ia mengaku, telah memberi perhatian besar untuk pengembangan dunia usaha dan pembangunan ekosistem ekonomi di Sumbar. Sebagai wujud dari komitmen tersebut, pihaknya telah menuangkan itu kedalam visi misi dan program unggulan Pemprov Sumbar tahun 2021-2026, yakni mencetak 100.000 millenial dan women entrepreneur serta pelaku ekonomi kreatif dan meningkatkan akses keuangan perbankan dan non perbankan bagi UMKM dan pengusaha pemula.

Namun menurutnya, itu belum optimal karena berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh pemerintah dalam tahap eksekusi, sehingga membuat program tersebut hanya bisa berjalan secara bertahap. Agar ada percepatan, maka ia menilai perlu adanya dukungan dari dunia usaha atau sektor swasta. Itulah yang mendasarinya mengajak Kadin berkolaborasi untuk membangun daerah.

“Agar percepatan itu bisa diwujudkan, Pemerintah perlu dukungan dunia usaha untuk pengembangan ekonomi di daerah, kami berharap Kadin bisa hadir bersama Pemerintah disana,” Ajak Gubernur Mahyeldi.

Ia menuturkan, koaborasi itu bisa dimulai dari kerjasama penyempurnaan sarana prasarana penunjang ekonomi daerah seperti pelabuhan, bandara, jalan raya, pasar rakyat dan modern serta infrastruktur vital lainnya. Jika itu bisa terwujud, Gubernur Mahyeldi optimis, kedepan Sumbar bisa menjadi destinasi wisata unggulan Indonesia yang bertaraf internasional.

"Kami berharap Kadin dapat membantu mewujudkan hal tersebut, dengan mengajak para investor untuk menanamkan modalnya di Sumbar, untuk membangun destinasi wisata berkelas internasional," harapnya.

Selanjutnya Gubernur Mahyeldi menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus Kadin Sumbar yang baru dikukuhkan. Menurutnya sejarah telah membuktikan, dahulunya Sumbar merupakan daerah penghasil para saudagar hebat, Ia berharap melalui Kepengurusan Kadin yang baru ini, kejayaan tersebut bisa terulang kembali.

"Sejarah ini harus kita bangkitkan kembali, jangan sampai hanya menjadi nostalgia indah semata," ungkapnya

Senada dengan apa yang disampaikan Gubernur Mahyeldi, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid dalam sambutannya juga meminta para pengurus Kadin Sumbar agar terus mendukung agenda pembangunan Indonesia khususnya di Sumbar.

Ia menilai, masih banyak optimalisasi yang dapat dilakukan untuk mengeksplorasi potensi perekonomian Indonesia, salah satunya adalah hilirisasi industri, menurutnya dengan hilirisasi akan ada nilai lebih yang didapat daripada hanya mengeksplorasi bahan mentah.

"Hilirisasi itu penting, supaya ada nilai tambah yang diperoleh baik bagi pengusaha maupun bangsa," ujar Arsjad.

Dia juga mengingatkan tentang empat pilar Kadin yakni, pemulihan kesehatan dan pengembangan industri kesehatan nasional, peningkatan ekonomi daerah dan nasional, peningkatan kewirausahaan dan kompetensi serta penguatan internal organisasi.

Arsjad berharap, dengan dikukuhkannya Pengurus Kadin Sumbar hari ini, dapat mambawa perubahan yang signifikan dan kontribusi positif untuk masyarakat dan daerah.

"Yang paling penting itu kita bisa saling berkolaborasi. Itu adalah kunci keberhasilan dan semangat dalam menjalankan tugas di organisasi ini," ujarnya.

Kemudian Buchari Bachter mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus KADIN yang telah memberikan amanah kepadanya sebagai Ketua KADIN Sumbar Periode 2022 hingga 2027 mendatang. Ia menegaskan akan menjaga amanah tersebut dengan sebaik-baiknya,

"Terimakasih banyak atas dukungannya, insyaallah amanah Ini akan saya jaga dengan baik, dan tentunya kedepan tak lepas dari dukungan dari seluruh Pengurus dan Anggota KADIN, do’akan kami bisa menjadi lebih baik," ucapnya.

Pengukuhan Buchari Bachter sebagai pemimpin KADIN Sumbar periode 2022-2027 dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid dengan dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Unsur Forkopimda Prov. Sumbar serta para aktivis, akademisi serta ratusan pengusaha lokal dan nasional. *