Pemkot tebar daging kurban ke masjid dan mushala di Padang

id Padang,Kurban,Idul Adha,Sumbar

Pemkot tebar daging kurban ke masjid dan mushala di Padang

Ketua Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban Pemkot Padang Didi Aryadi (ANTARA/HO Diskominfo Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menebar daging kurban dari 64 sapi ke sejumlah masjid dan mushala di daerah setempat pada Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah.

Ketua Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban Pemkot Padang Didi Aryadi di Padang, Kamis, mengatakan hewan kurban tersebut berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Padang sebanyak 62 ekor sapi, dan bantuan sapi kurban dari BRI dan BNI masing-masing satu ekor sapi.

Pihaknya mengapresiasi pimpinan OPD dan ASN Pemkot Padang yang telah ikut berkurban pada Idul Adha 1444 Hijriah.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Padang memiliki 52 OPD yang terdiri dari dinas, badan, kantor, bagian dan kecamatan dan alhamdulillah masing-masing berkontribusi satu hewan kurban, ada pula yang lebih dari satu.

Menurut dia, hewan kurban ini nantinya akan didistribusikan kepada masjid dan mushala di Kota Padang.

Sementara itu, Plh. Kabag Kesra Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan 64 ekor hewan kurban tersebut, tiga ekor di antaranya akan disembelih di Masjid Ukhuwah Balai Kota Padang Aie Pacah dan tiga ekor lagi akan disembelih di Masjid Nurul Iman.

Sementara tujuh ekor lagi akan disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) yang dagingnya nanti akan dibagikan kepada peserta kurban.

Sisanya akan didistribusikan kepada masjid dan mushala di Kota Padang.

"Untuk hewan kurban Pemko Padang ini , prioritas utama kita adalah masjid dan mushala yang belum memiliki sama sekali hewan kurban. Kita akan segera menyalurkan ke masjid atau mushala yang membutuhkan hewan kurban,” kata dia.

Sebelumnya Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan untuk membantu kebutuhan sapi kurban bagi warga Kota Padang yang mencapai 6.000 ekor dan pihaknya sudah meminta dukungan dari setiap OPD di lingkungan Pemko Padang.

"Minimal satu OPD dapat membantu satu ekor sapi kurban. Karena memang banyak sekali kebutuhan sapi kurban ini, masih banyak daerah yang sedikit peserta kurban," katanya.

“Kota Padang ini punya lebih kurang 1.600 masjid dan mushala. Ke depan pihaknya akan berusaha bagaimana masjid dan mushala yang kekurangan hewan kurban agar dapat kita cukupi,” kata dia.*