Pemkot Padang catat hewan Kurban tahun 2023 meningkat

id Padang,Idul Adha,Sumbar,Pemkot Padang catat hewan Kurban meningkat,hewan Kurban tahun 2023 meningkat

Pemkot Padang catat hewan Kurban tahun 2023 meningkat

Wali Kota Padang Hendri Septa (ANTARA/HO Diskominfo Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, mencatat jumlah hewan kurban saat Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah, Kamis meningkat jika dibandingkan pada tahun 2022.

Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Jumat mengatakan, total ada 8.019 hewan kurban yang tercatat pada tahun ini dan sebelumnya pada 2022 terdata 7.725 ekor

"Kami mengapresiasi semangat berkurban warga yang luar biasa, meski di tengah upaya bangkit dari pandemi. Semoga semangat ini terus meningkat pada tahun-tahun selanjutnya," katanya.

Ia mengingatkan untuk benar-benar memahami dari ibadah kurban, baik keikhlasan berkurban dan berbagi.

"Sekiranya kita semua benar-benar dapat memahami makna dari ibadah kurban itu sendiri. Ada nilai keikhlasan, berbagi dengan sesama dan kepatuhan pada Sang Pencipta," kata dia.

Wali Kota Padang mengapresiasi program Padang Berkurban yang dilaksanakan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Padang.

"Atas nama pribadi saya sangat mengapresiasi adanya program Padang Berkurban, di mana setiap OPD ikut berkurban, alhamdulillah terkumpul sebanyak 64 hewan kurban dalam program ini yang diberikan kepada masjid-masjid yang awalnya tidak melaksanakan kurban akhirnya ikut melaksanakan penyembelihan hewan kurban," kata dia.

Menurut dia untuk membantu kebutuhan sapi kurban bagi warga Kota Padang yang mencapai 6.000 ekor dan pihaknya sudah meminta dukungan dari setiap OPD di lingkungan Pemko Padang.

“Kota Padang ini punya lebih kurang 1.600 masjid dan mushala. Ke depan pihaknya akan berusaha bagaimana masjid dan mushala yang kekurangan hewan kurban agar dapat kita cukupi,” kata dia.

Sementara itu, Plh. Kabag Kesra Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan 64 ekor hewan kurban tersebut, tiga ekor di antaranya akan disembelih di Masjid Ukhuwah Balai Kota Padang Aie Pacah dan tiga ekor lagi akan disembelih di Masjid Nurul Iman.

Sementara tujuh ekor lagi akan disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) yang dagingnya nanti akan dibagikan kepada peserta kurban.

Sisanya akan didistribusikan kepada masjid dan mushala di Kota Padang.

"Untuk hewan kurban Pemko Padang ini , prioritas utama kita adalah masjid dan mushala yang belum memiliki sama sekali hewan kurban. Kita akan segera menyalurkan ke masjid atau mushala yang membutuhkan hewan kurban,” kata dia. ***3***