Solok Selatan jajaki kerjasama dengan Surabaya tingkatkan TI

id Pemkab Solok Selatan,Berita solsel,Berita sumbar,Bupati Solok Selatan Khairunas,Pemko Surabaya

Solok Selatan jajaki kerjasama dengan Surabaya tingkatkan TI

Bupati Solok Selatan Khairunas, didampingi Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Amdani, Kepala Dinas Kominfo Firdaus Firman foto bersama dengan Sekdako Surabaya Ikhsan didampingi Kadis Kominfo Fikser. Antara/HO/Kominfo

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menjajaki kerjasama dengan Pemko Surabaya, Jawa Timur guna peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam layanan pemerintah.

"Rencana kerjasama yang akan dilaksanakan terkait penerapan beberapa aplikasi pemerintahan, khususnya dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melakukan pelayanan publik," kata Bupati Solok Selatan, Khairunas saat di hubungi dari Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan, Solok Selatan berkeinginan untuk menjalin kerjasama dan mendapatkan pembimbingan dari Pemko Surabaya, khususnya dalam rangka pemanfaatan TI dalam monitoring kinerja para pejabat dan ASN.

Selain itu ia berharap berbagai layanan TI lainnya secara bertahap diharapkan dapat dibagi-pakaikan dengan Pemkab Solok Selatan.

"Kami mohon bantuan dari Pemko Surabaya bagaimana nantinya beberapa aplikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan daerah," ujarnya.

Dia menyebutkan, permohonan dari Solok Selatan disanggupi oleh Sekdako Surabaya Ikhsan.

Dia menjelaskan, Pemko siap untuk berbagi aplikasi dengan daerah yang membutuhkan, termasuk aplikasi dalam melakukan monev kinerja para ASN.

Sekdako juga langsung menginstruksikan Kadis Kominfo Surabaya untuk melakukan memfasilitasi perjanjian kerjasama dengan Pemkab Solok Selatan.

Sejak beberapa tahun terakhir, Pemkab Solok Selatan terus melakukan berbagai upaya dalam peningkatan pemanfaatan IT.

Saat ini Pemkab Solok Selatan melalui Dinas Kominfo telah menerapkan berbagai aplikasi, diantara Simpeg (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) dan absensi daring menggunakan foto wajah dan geotag lokasi, Simanja (Sistem Informasi Manajemen Kinerja), dan Simda Keuangan (Sistem Informasi Manajemen Keuangan).

Selanjutnya juga ada e-SPJ (Sistem Elektronik pembuatan Surat Perintah Tugas) dengan penerapan Tanda Tangan Elektronik, Sistem Informasi Nomor Surat (SINOS), PPID Kabupaten Solok Selatan, SIMSALABIM (Sistem Informasi Dasawisma Langsung Bermanfaat Inovatif Mandiri), SIMBPHTB (Sistem Informasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), serta berbagai aplikasi lainnya.