Raih Perak, siswa Maarif Padang Panjang harumkan nama Indonesia

id IICYMS,Berita padang panjang,Berita sumbar,SMPIT Maarif.

Raih Perak, siswa Maarif Padang Panjang harumkan nama Indonesia

Berkelas Internasional 9 Siswa Ma'arif, ikuti Kompetisi IICYMS 

Padang Panjang (ANTARA) - Siswa Maarif Padang Panjang, berhasil meraih juara 2 dan memperoleh medali saat mengikuti Lomba International Inventions Competition For Young Moslem Scientist(IICYMS) pada tanggal 23 Mei 2023.

Siswa SDIT dan SMPIT Maarif yang menjadi peserta lomba kompetisi penemuan Internasional ini terdiri dari 4 orang dari SDIT Maarif dan 5 orang dari SMPIT Maarif.

Kepala Perguruan Maarif, Ustadz Abrar, S.Ag, MM menyebutkan, keberhasilan siswa Maarif ini adalah batu loncatan bagi sekolah itu untuk melompat lebih tinggi lagi dan meraih prestasi dunia.

"Kita tidak lagi berbicara lokal, tapi global, Alhamdulillah prestasi ini berkat kemudahan yang Allah berikan dan juga kerja keras dari semua pihak baik siswa, guru dan orang tua yang terus mensupport anak-anak," kata dia.

Ketua Yayasan Wakaf Maarif Padang Panjang, Drs. Masril, tidak menyangka siswa Maarif mampu meraih juara dalam ajang bergengsi berkelas internasional itu.

"Alhamdulillah, siswa kita telah menunjukkan kemampuannya, semua ini tidak terlepas atas izin Allah SWT serta suport dan dukungan yang telah diberikan oleh para guru dan pembimbing termasuk dukungan orang tua, selamat kepada guru pembimbing, Ustadzah Maulidina, S.Sos dan Ustadzah Fitri Yenti, S.Pd yang telah memotivasi dan mendampingi anak-anak ini selama lomba, ujarnya.

IICYMS merupakan salah satu kompetisi riset Internasional terbesar di Indonesia yang memberikan wadah bagi mahasiswa dan pelajar muslim dari berbagai negara untuk berbagi dan menampilkan proyek mereka.

Kompetisi ini diikuti oleh seluruh pelajar muslim dari tingkat dasar (SD),menengah (SMP dan SMA) sampai mahasiswa S1 yang berasal dari berbagai negara dan membentuk satu tim yang terdiri dari 2-5 orang, diluar mentor, pembimbing.

Kepala SDIT Maarif Padang Panjang, Ust Syafrialdi, S.PdI,M.Pd, mengatakan sangat bersyukur dengan keberhasilan siswanya meraih juara dalam ajang prestisius tersebut. Selamat juga kepada orang tua siswa dan juga guru pembimbing.

Ungkapan senada juga disampaikan Kepala SMPIT Maarif, Ust Iqbal Anas, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bimbingan kepada anak anak yang telah berjuang di ajang IICYMS.

Selain Indonesia yang diwakili siswa Maarif Padang Panjang, IICYMS juga diikuti pelajar dari Thailand, Filiphina, Turki, Iran, Kazakshtan, India dan banyak lagi yang lainnya.

Saat lomba setiap tim hanya diperbolehkan mengirimkan satu proyek dari beberapa kategori yang ada dan kemudian dinilai oleh para juri ahli. Setelah itu dipresentasikan dengan menggunakan bahasa Inggris.