Unand siapkan produk hasil riset untuk komersialisasi melalui STP

id Scince techno park, stp unand, universitas Andalas,padang

Unand siapkan produk hasil riset untuk komersialisasi melalui STP

Ketua LPPM Unand Uyung Gatot Syafrawi Dinata di Padang, Jumat (19/5/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan berbagai produk hasil riset untuk dikomersialisasikan melalui Science Techho Park (STP) kampus tersebut.

"STP Universitas Andalas ini nantinya juga membina usaha, bisnis dan teknologi agar ke depannya bisa mandiri dan menguntungkan," kata Ketua LPPM Unand Uyung Gatot Syafrawi Dinata di Padang, Jumat.

Hal tersebut disampaikan dia usai peresmian Gedung Science Techno Park Universitas Andalas yang dihadiri langsung Ketua Umum Asosiasi Sains Techno Park Indonesia (ASTPI) Lukito Hasta Pratopo.

Gebrakan yang dilakukan civitas academica Unand tersebut sejalan dengan target Presiden Jokowi yang ingin mendirikan 100 STP di Tanah Air. Hingga saat ini terdapat sekitar 20 STP di bawah binaan kementerian dan salah satunya STP Unand.

Ia mengatakan salah satu tujuan STP membantu dunia usaha agar bisa meningkatkan daya saing produk. Hal tersebut diwujudkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di tiap-tiap universitas.

Di luar negeri, ujar dia, keberadaan STP sudah diandalkan untuk meningkatkan produk, bisnis, hingga persaingan daerah. Hal tersebut juga diterapkan di Tanah Air melalui STP perguruan tinggi

Bagi pelaku usaha yang telah mengikuti bimbingan di STP Unand dan dinilai sudah mandiri untuk mengomersialkan produk yang dihasilkan akan diserahkan sertifikat.

"Saat ini tercatat 200 produk hasil riset yang telah dibantu dikembangkan STP Unand," kata dia.

Dia menjelaskan ratusan produk tersebut sudah memiliki prototipe, kemasan, sertifikat, lisensi halal dan standar nasional Indonesia (SNI), merek dan sebagainya. Dengan demikian, 200 an produk tersebut akan lebih mudah serta memiliki daya saing di pasaran.

"Kemudian ada juga 40 lebih bisnis binaan yang dibantu dan ditingkatkan kapasitas sehingga lebih berdaya saing," ujarnya.

Ketua Umum ASTPI Lukito Hasta Pratopo mengatakan inovasi adalah penciptaan baru hasil dari suatu riset yang mempunyai nilai tambah serta bisa dinikmati masyarakat.

Terkait peresmian gedung STP Unand, ia berharap, berbagai inovasi yang dihasilkan di perguruan tinggi tersebut bisa memberikan manfaat, khusus masyarakat di Sumbar dan umumnya di Tanah Air.