SOina, Forikan dan Bunda Paud Payakumbuh dikukuhkan

id Sumbar,SOina, Forikan Bunda Paud Payakumbuh ,berita payakumbuh,berita sumbar

SOina, Forikan dan Bunda Paud Payakumbuh dikukuhkan

Pengukuhan Pengurus SOina, Forikan dan Bunda Paud Payakumbuh. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Special Olympic Indonesia (SOina), Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dan Bunda Paud Payakumbuh resmi dikukuhkan yang diharapkan dapat membangun Kota Payakumbuh dapat menjadi lebih baik lagi.

"SOina, Forikan, dan Bunda Paud memiliki program yang sejalan, untuk itu diharapkan pengurus yang baru dilantik agar dapat bersinergi secara bersama-sama untuk membangun Kota Payakumbuh menjadi lebih baik lagi kedepannya,” kata Harneli Mahyeldi dalam sambutannya usai pengukuhan di Aula SKB Kota Payakumbuh, Rabu(10/5).

Bunda Paud Provinsi Sumatera Barat itu mengatakan SOina adalah suatu organisasi keolahragaan dan sosial nirlaba yang menangani pembinaan dan pelatihan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual (Tunagrahita).

"Tujuan utamanya mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas intelektual agar memperoleh pengakuan atas haknya sebagai warga Indonesia," katanya.

Pada PESONAS Tahun 2022 kemarin pada bulan Juli 2022 di Semarang, Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih posisi ke 6 dari 22 Provinsi yang mengikuti PESONAS dengan meraih 14 Medali Emas, 20 Medali Perak dan 7 Medali Perunggu.

Khususnya warga Kota Payakumbuh merasa sangat bangga karena ada 1 (satu) orang siswa kita yaitu ananda NADILA yang berasal dari SLB SERASI Kota Payakumbuh yang sukses meraih Medali Perak pada PESONAS di Semarang Jawa Tengah tersebut.

Untuk itu, SOIna Provinsi Sumatera Barat yang salah satu programnya adalah mendorong terbentuknya Pengcab SOIna diseluruh Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat, merasa sangat berbangga dengan terbentuknya SOIna Kota Payakumbuh.

“Semoga kedepan SOIna Kota Payakumbuh Periode 2022-2026, mampu memberikan arti terhadap dunia atlet-atlet tunagrahita atau anak-anak special kita dan juga memberikan ruang kemandirian agar mereka kelak mampu memenuhi hajat hidupnya melalui dunia olahraga seni dan budaya,” Harap Harneli

Dilanjutkannya, Harneli juga menyampaikan harapan yang sama kepada Pengurus Forikan dan Bunda Paud Kota Payakumbuh Periode 2022-2026 yang telah dilantik.

“Harapan yang sama untuk pengurus Forikan dan Bunda Paud, semoga dengan dilantiknya kepengurusan yang baru nantinya akan ada program baru juga dalam mengajak masyarakat dan anak-anak kita untuk gemar makan ikan serta bunda paud dapat bersinergi secara bersama-sama," kata Harneli.

Bunda Paud Kota Payakumbuh Cece Rida Ananda mengatakan ada tiga amanah baru yang diemban saat ini diantaranya Ketua umum Soina, Ketua Forikan dan Bunda Paud Kota Payakumbuh.

“Penunjukan ini juga merupakan amanah yg besar, apalagi terfokus bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang terkadang sering dianggap sebagai anak yg memiliki keterbatasan dan tidak menguntungkan, padahal mereka juga merupakan manusia yg pantas untuk dihargai,” katanya.

Kemajuan organisasi ini akan berkembang. jika semua pengurus berkontribusi aktif dengan perannya masing-masing demi melaksanakan semua program kerja yg telah dibuat.tentunya juga tidak akan terlepas dari dukungan dan bantuan ibu Ketua dari Provinsi.

Ditambahkan Cece, Sejalan dengan program forikan kota Payakumbuh melalui pokja bunda paud kecamatan dan kelurahan mari dorong peningkatan konsumsi ikan, makanan sehat bergizi bagi anak usia dini.

“Kepada seluruh pengurus Soina, Forikandan Bunda Paud mari kita bekerja dengan sepenuh hati untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan tugas kita masing-masing,” ujarnya.