Lima atlet Sumbar ikuti Special Olympics World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi

id SOIna Sumbar

Lima atlet Sumbar ikuti Special Olympics World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi

Wagub Sumbar Nasrul Abit melepas atlet SOIna Sumbar berkompetisi di Special Olympics World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi 8-22 Maret 2019. (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Lima atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) berprestasi asal Sumatera Barat akan ikut berkompetisi pada Special Olympics World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi 8-22 Maret 2019.

Lima orang itu masing-masing Salman Alfarisi untuk cabang olah raga basket, Heri Setiawan cabang tenis meja, Fauzi Syamdika dan Aprian Irawan turun di cabang volly serta Refel Andre untuk renang.

"Kita berharap atlet yang membawa nama Sumbar ini bisa menorehkan prestasi internasional," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat melepas atlet secara resmi di Padang, Minggu.

Ia optimis melihat capaian atlet SOIna Sumbar pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VIII SOIna 2018 di Pekanbaru, Riau yang bisa meraih peringkat tiga di bawah tuan rumah dan DKI Jakarta.

Sumbar berhasil mengumpulkan 52 medali masing-masing, 18 emas 17 perak, dan 17 perunggu.

Sementara itu Ketua Special Olimpics Indonesia (SOIna) Sumbar Amsyaruddin menyebutkan prestasi yang diraih atlet di tingkat nasional juga mendongkrak keikutsertaan di tingkat internasional.

Dari tiga atlet yang ditargetkan bisa mengikuti SOWSG di Abu Dhabi, ternyata bertambah menjadi lima atlet.

Seleksi untuk bisa mengikuti SOWSG sangat ketat mulai dari tingkat pengurus cabang di tingkat kabupaten/kota hingga Pekan Olahraga Nasional di Pekanbaru Juli 2018.

World Summer Games dan World Winter Games merupakan puncak dari kompetisi Special Olympics yang memiliki 170 negara anggota.

Hingga saat ini, SOIna telah mengikuti tujuh kali Special Olympics World Summer Games (SOWSG) diantaranya tahun 1991 di USA, 1995 di USA, 1999 di USA, 2003 di Irlandia, 2007 di China, 2011 di Yunani, dan 2015 di USA. Kemudian SOIna mengikuti 3 kali Special Olympics World Winter Games (SOWWG) diantaranya tahun 2009 di USA, 2013 di Korea Selatan, dan 2017 di Austria.*