Perenang Sumbar ikuti Special Olympic World Games 2023 di Berlin

id Nadila,SOiNA,SOWG Jerman

Perenang Sumbar ikuti Special Olympic World Games 2023 di Berlin

Gubernur Sumbar, Mahyeldi melepas atlet renang asal daerah itu ke pelatnas untuk mengikuti SOWG di Jerman. (ANTARA/Pemprov Sumbar)

Padang (ANTARA) - Perenang Tunagrahita asal Sumatera Barat Nadila menjadi salah satu atlet yang akan mewakili Indonesia dalam Special Olympics World Games (SOWG) di Berlin, Jerman.

"Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Sumbar karena salah seorang atlet berprestasinya bisa mewakili Indonesia dalam SOWG di Berlin," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat melepas atlet tersebut di Padang, Kamis.

Ia mengatakan terpilih sebagai salah seorang atlet yang mewakili Indonesia dalam ajang tingkat dunia bukanlah hal yang bisa diraih oleh semua orang.

Butuh kerja keras dan latihan tanpa henti untuk bisa meraih berbagai prestasi sehingga bisa melewati seleksi secara nasional.

"Warga Sumbar mendoakan agar Nadila bisa mengharumkan nama Indonesia dan Sumbar di tingkat dunia," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Meifrizon mengatakan Nadila telah mengharumkan nama Sumbar dalam berbagai ajang olahraga selama ini baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Prestasi yang berhasil diraih Nadila di antaranya mendapatkan medali emas SOIna tingkat provinsi renang gaya dada 100 m tahun 2017, medali perak SOIna di Provinsi Riau tahun 2018.

Prestasi lainnya, meraih medali emas Pesoda tingkat provinsi renang gaya dada tahun 2022, medali perak Pesonas tingkat nasional renang gaya dada 100 m tahun 2022.

Ia mengatakan, Nadila pada 7 Mei 2023 nanti akan berangkat ikut Pelatnas di Semarang selama satu bulan sampai dengan tanggal 9 Juni. Seterusnya tanggal 10 Juni langsung menuju Berlin, Jerman," katanya.

SOWG akan digelar di Berlin dari tanggal 10 hingga 27 Juni 2023, setelah itu kembali ke Jakarta.

Ketua SOIna Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi mengapresiasi Pengurus SOIna terutama pelatih dengan kesabarannya telah banyak memberikan masukan, sehingga atlet SOIna Sumbar bisa mengikuti SOWG di Berlin, Jerman.

Pelatih SOIna Sumbar, Yulidarti menyampaikan secara teknik Nadila sudah siap. Saat ini kondisinya prima dan siap untuk bertanding.*