Kontingen Soina Sumbar matangkan persiapan jelang berlaga

id berita padang, berita sumbar, soina

Kontingen Soina Sumbar matangkan persiapan jelang berlaga

Kontingen Sumbar berlatih jelang keberangkatan. (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Kontingen Special Olympic Indonesia (SOIna) Sumatera Barat mematangkan persiapan melalui pelaksanaan pelatihan terpusat jelang berlaga di ajang Pekan Special Olympic Nasional (PESONAS) yang akan digelar di Semarang pada 3-8 Juli 2022

Pengurus SOIna Sumatera Barat Rafmateti melalui siaran pers yang diterima di Padang, Sabtu menyampaikan pelatihan terpusat merupakan komitmen terhadap pemenuhan hak disabilitas tunagrahita atas kesempatan untuk diterima menjadi bagian dari kehidupan sosial melalui olahraga.

Ia menyampaikan SOIna Provinsi Sumatera Barat saat ini hingga 28 Juni 2022 sedang melaksanakan pelatihan (TC berjalan) untuk sejumlah cabang sebagai persiapan pengiriman kontingen atlet Sumatera Barat.

Pelatihan tersebut telah memasuki minggu ke delapan dilaksanakan di daerah masing-masing atlet berdomisili diantaranya Padang, Sijunjung, Limapuluh Kota, didampingi oleh pelatih dan asisten pelatih yang telah memiliki sertifikat kepelatihan.

Sementara pelatihan terpusat direncanakan akan dilaksanakan di Kota Padang pada 1 Juli 2022.

Ia menyebutkan pada 2022 ini kontingen Provinsi Sumatera Barat akan bertanding pada sembilan cabang/lomba dengan kekuatan sebanyak 65 atlet.

"Harapannya Sumatera Barat dapat meningkatkan capaian prestasi paling tidak mempertahankan keberhasilan tahun lalu sebagai Juara Umum Tiga," kata dia,

Sejalan dengan itu salah seorang pelatih cabang olahraga Renang Yulidarti menyatakan kesiapannya menyongsong even PESONAS.

“Secara teknik persiapan atlet renang mencapai 90 persen, saat ini mereka dalam kondisi prima dan siap untuk bertanding. Mudah-mudahan pulang membawa medali," katanya.

Pada tahun sebelumnya, cabang Renang adalah salah satu cabang yang diandalkan oleh Sumatera Barat untuk dapat membawa medali.

Keberangkatan tim secara resmi akan dilakukan pelepasan oleh Gubernur Sumatera Barat dan Ketua Umum SOIna Sumatera Barat bertempat di Auditorium Gubernuran.