Dua narapidana Rutan Padang jadi penghafal Al Quran

id Narapidana hafiz quran ,Napi hafiz quran

Dua narapidana Rutan Padang jadi penghafal Al Quran

Dua narapidana Rutan Padang yakni F dan S yang menjadi Hafiz Al-Quran. ANTARA/HO-RUTANPADANG

Padang (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memelopori dua orang narapidananya menjadi penghafal 30 juz Al Quran lewat program pondok pesantren yang digulirkan rutan setempat.

"Alhamdulillah setelah menjalani pengujian hari ini, dua Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Padang menjadi hafiz Al-Quran sebanyak 30 juz," kata Kepala Rutan Padang Muhammad Mehdi di Padang, Jumat.

Ia mengatakan kedua narapidana yang menjadi penghafal Al-Quran tersebut berinisial F dan S yang masuk penjara atas kasus pencurian serta asusila.

Selama menjalani masa hukuman di Rutan Padang, kata dia, keduanya aktif mengikuti program pembinaan, kemudian mereka mengikuti program pondok pesantren yang digulirkan sejak awal 2023.

"Karena tekad serta keinginan yang kuat untuk mengubah diri, mereka mengikuti program pondok pesantren dengan sungguh-sungguh sampai akhirnya hafal Al-Quran 30 juz ," katanya.

Rutan Padang mengganjar capaian peningkatan kerohanian F dan S tersebut dengan penghargaan, mereka juga akan dijadikan contoh serta pengajar bagi santri lain dalam program Pondok Pesantren.

"Semoga semangat perubahan yang dicapai F dan S bisa menular kepada yang lain, sehingga semakin banyak WBP Rutan Padang yang menjadi Hafiz Al-Quran," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pondok pesantren adalah salah program pembinaan kerohanian yang digulirkan secara periodik oleh Rutan Padang.

Dalam program tersebut para narapidana sebagai santri ditempa dengan berbagai materi keagamaan Islam seperti Tahfiz, baca-tulis Al-Quran, tata cara Shalat dan adzhan, penyelenggaraan jenazah, dan lainnya.

Para pengajar tidak hanya dari lingkungan pegawai Rutan Padang saja, namun juga bekerjasama dengan pihak Kemenag Kota Padang.

Ia menyebutkan untuk periode tahun ini jumlah santri yang mengikuti program Pondok Pesantren sebanyak 50 orang, dan akan terus dilanjutkan secara rutin.

"Kami optimistis bahwa dengan tekad dan keinginan yang kuat para WBP bisa berubah menjadi manusia yang lebih baik, sedangkan Rutan Padang akan memfasilitasinya dengan program-program pembinaan," demikian Muhammad Mehdi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rutan Padang pelopori 2 narapidana menjadi penghafal Al-Quran