979 orang ikuti seleksi hafiz di Kota Solok

id seleksi hafiz solok,wisuda hafiz solok,penghafal al quran,Solok

979 orang ikuti seleksi hafiz di Kota Solok

Penghafal Al Quran mengikuti seleksi hafiz yang diselenggarakan oleh pemerintah di Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat, dari 6 sampaiĀ 9 November 2023. (ANTARA/HO Pemkot Solok)

Solok (ANTARA) - Sebanyak 979 orang mengikuti uji kemampuan menghafal Al Quran dalam seleksi hafiz yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Solok di Provinsi Sumatera Barat dari 6 sampai 9 November 2023.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Solok Feri Hendria di Solok, Selasa, peserta seleksi yang dilaksanakan di Masjid Agung Al Muhsinin terdiri atas 441 orang dengan hafalan satu juz, 257 orang dengan hafalan dua juz, dan 128 orang dengan hafalan tiga juz Al Quran.

Selain itu, menurut dia, ada 49 orang dengan hafalan empat juz, 61 orang dengan hafalan lima juz, 21 orang dengan hafalan 10 juz, 15 orang dengan hafalan 15 juz, tujuh orang dengan hafalan 20 juz, dan satu orang dengan hafalan 30 juz Al Quran.

Feri mengemukakan, banyaknya peserta seleksi menunjukkan antusiasme warga Muslim di Kota Solok dalam menghafalkan Al Quran.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Solok akan memberikan hadiah kepada sekitar 300 hafiz yang terpilih dalam seleksi tahun 2023.

"Reward (penghargaan) yang diberikan berupa uang motivasi sesuai kategori jumlah hafalan serta mendapatkan sertifikat hafalan," katanya.

Asisten I Sekretaris Daerah Kota Solok Nova Elfino mengatakan bahwa seleksi untuk wisuda hafiz diharapkan dapat memotivasi warga Muslim untuk menghafal dan meningkatkan hafalan Al Quran.

"Karena menghafal Al Quran harus dilakukan terus menerus agar hafalan tetap terjaga," katanya.

Dia juga mengajak seluruh warga Muslim untuk mengamalkan ajaran agama yang tertuang di dalam Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.