Polresta Bukittinggi turunkan 309 personil amankan Lebaran 2023

id Pengamanan lebaran,ramadhan,ramadhan 2023,tradisi ramadhan,bulan ramadhan,bulan puasa,puasa 2023,ibadah ramadhan,ibadah ,padang

Polresta Bukittinggi turunkan 309 personil amankan Lebaran 2023

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2023 di Polresta Bukittinggi. Sebanyak 309 personel kepolisian dan sembilan posko jaga disiapkan untuk pengamanan lebaran 2023. 

Bukittinggi,- (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengerahkan 309 personel untuk pengamanan Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah itu melalui Operasi Ketupat Singgalang 2023.

"Petugas akan dibantu oleh TNI dan jajaran Pemkot Bukittinggi. Kami menyiapkan sembilan pos penjagaan, baik pos penganan, pos pelayanan dan pos terpadu," kata Kapolresta Bukittinggi, Kombespol Yessi Kurniati, di Bukittinggi, Senin.

Ia mengatakan posko yang disiapkan antara lain posko terpadu di Jam Gadang, pos pelayanan di objek wisata di Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) dan panorama.

Sementara itu, enam Pos Pengamanan didirikan di Padang Luar, Tugu Polwan, Simpang Malalak, Gadut, Tanjung Alam dan Baso.

Kapolresta bersama Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar memimpin langsung gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2023 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

"Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat ini dilakukan guna memastikan kesiapan dalam mengamankan seluruh rangkaian Idul Fitri, berikutnya kita gelar seluruh personel, itu menandakan bahwa Operasi Ketupat Singgalang 2023 sudah kita mulai," katanya.

Ia berharap seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan libur Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Mudah-mudahan seluruh rangkaian pergelaran operasi yang kita laksanakan, termasuk dengan seluruh pihak terkait tentunya bisa memberikan suasana yang nyaman dan masyarakat yang akan mudik bisa lancar," katanya.

Ia memerintahkan jajaran untuk mengevaluasi titik-titik kemacetan yang terjadi pada arus mudik dan balik pada tahun-tahun sebelumnya. Kepada seluruh jajarannya, ia menekankan pentingnya antisipasi serta menyiapkan seluruh kesiapan dengan baik dan maksimal agar meminimalkan kemacetan.

"Tentunya kemacetan-kemacetan yang akan kita hadapi, saya telah arahkan kepada seluruh anggota agar bisa melakukan evaluasi sehingga pada pelaksanaannya nanti bisa diantisipasi. Kita semua berharap mudik berjalan lancar dan mudik aman berkesan," ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengapresiasi persiapan keamanan yang digelar kepolisian dan menegaskan kesiapan membantu melalui pengerahan satuan keamanan.

"Kami mendukung penuh dan kesiapan seluruh jajaran baik Dinas Perhubungan, Satpol-PP, Damkar dan lainnya agar pemudik dan warga bisa berlebaran dengan nyaman aman melalui Operasi Ketupat Singgalang 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari hingga awal Mei nanti," katanya. ***2***