DLH Bukittinggi atasi 1.722 ton sampah selama libur Lebaran

id DLH Bukittinggi,Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ,berita bukittinggi,berita sumbar

DLH Bukittinggi atasi 1.722 ton sampah selama libur Lebaran

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sebanyak 1.722 ton sampah bisa diatasi selama Libur Lebaran 2024 di Bukittinggi (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Kota Bukittinggi di Sumatera Barat masih menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan dan pemudik selama libur Lebaran 2024. Konsekuensi dari ramainya pengunjung adalah ribuan ton sampah yang harus dibersihkan.

"Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencatat selama 14 hari libur lebaran, mulai dari 8 hingga 21 April 2024, kami membersihkan 1.722 ton sampah atau setara dengan 283 truk," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Kamis.

Erman Safar mengapresiasi kinerja petugas kebersihan Bukittinggi, yang telah bekerja keras menjaga kebersihan daerah yang juga berjuluk Kota Jam Gadang.

"Tidak hanya di pusat keramaian, persoalan sampah dari lingkungan perumahan dapat diselesaikan dengan baik," kata Wako.

Ia menyebut 317 anggota DLH bergantian di hari libur Lebaran menjaga kebersihan kota dengan 261 orang bertugas di lapangan.

"Pekerjaan mereka paling berat tapi membanggakan seluruh warga, tidak ada komplent dan keluhan," kata Erman Safar.

Kepala DLH Pemkot Bukittinggi, Aldiasnur kenaikan volume sampah terjadi sejak H-2 Lebaran dengan jumlah 15 persen tumbuh setiap harinya.

"Di hari biasa berkisar antara 95 ton sampai 100 ton, di H-2 Lebaran sudah mendekati ke angka 130 ton, bertambah setiap harinya hingga akhir libur," kata dia.

Ia mengungkap tempat pembuangan sampah akhir (TPA) saat ini ditujukan di dua lokasi di Sumatera Barat, Kota Payakumbuh dan Kota Padang.

"TPA Payakumbuh sudah mulai dibuka kembali setelah lama ditutup karena ada perbaikan, selain itu juga dikirim ke Padang," kata Aldiasnur.

Ia menambahkan DLH mengantisipasi penumpukan sampah melalui sosialisasi ke warga agar mengumpulkan sampah di jam yang ditentukan.