Lirik peluang dan pasar, Kelurahan Busur gelar latihan membuat website

id pasar online,website,padang panjang

Lirik peluang dan pasar, Kelurahan Busur gelar latihan membuat website

Statistisi Ahli Muda pada Dinas Kominfo, Yuvalianda, menerangkan cara membuat toko online dengan platform yukbisnis.com. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kelurahan Bukit Surungan (Busur), Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, berikan pelatihan membuat website bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa melirik berbagai peluang dan pasar yang luas secara online.

Lurah Busur, Dani Afriko di Padang Panjang, Rabu, mengatakan melalui pelatihan ini pelaku UMKM hendaknya mampu memanfaatkan kemajuan Informasi Teknologi (IT) khususnya perkembangan sistem pemasaran yang berbasis IT atau online.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemasaran dan mengembangkan usaha para pelaku UMKM di Bukit Surungan melalui sistem online yang nantinya berimbas pada peningkatan penjualan produknya,” katanya.

Ia menyebutkan, pelatihan tersebut merupakan usulan masyarakat pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Dengan peserta sebanyak 20 orang, perwakilan dari seluruh RT.

"Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini Rabu hingga Jumat (17/3), di aula kantor lurah setempat dan diikuti oleh masing-masing utjsan RT yang ada di kelurahan Busur," katanya.

Sementara itu, narasumber Kepala Bidang (Kabid) e-Government dan Teknologi Informasi Dinas Kominfo, Jimmi Saputra, menjelaskan cara pembuatan website dan manfaat yang didapat oleh peserta dalam membangun sebuah web.

“Dengan website kita bisa membangun branding, meningkatkan kepercayaan pelanggan, media promosi 24 jam, berbagi cerita dan informasi, maupun menggalang dana sosial,” katanya.

Menurutnya, pada dasarnya website tersebut berbayar untuk membeli domain, server, platform, konten dan tampilan. Namun di sisi lain ada website gratis dengan kemampuan yang sudah bagus.

“Web gratis Ini salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan,” ujarnya.