Jelang Ramadan 1444 H, Wako Rida Ananda pastikan stok pangan aman dan harga stabil

id Wako Rida Ananda,berita sumbar,berita payakumbuh

Jelang Ramadan 1444 H, Wako Rida Ananda pastikan stok pangan aman dan harga stabil

Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda bersama sejumlah OPD di Kota Payakumbuh. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Pj Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Rida Ananda memastikan stok pangan di daerahnya aman dan harga-harga tetap stabil jelang Ramadhan 1444 Hijriyah.

Rida di Payakumbuh, Rabu mengatakan untuk menjaga ketahanan pangan, bersama stakeholder terkait telah melakukan langkah-langkah strategis sehingga jelang Ramadan 1444 H untuk ketersedian pasokan pangan di Payakumbuh cukup tersedia.

“Kita telah melakukan berbagai upaya agar harga tetap stabil dan kebutuhan masyarakat bisa tercukupi,” kata Wako Rida.

Ia mengatakan dengan keterbatasan lahan pertanian yang hanya 7 persen di Payakumbuh, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan lahan pertanian yang ada dan meningkatkan hasil produksi pangan.

“Dari produksi lahan pertanian yang hanya sedikit itu, bagaimana kita bisa memanfaatkannya dengan optimal. Sehingga ketersiagaan pangan di pasaran itu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita disini,” katanya.

Ia mengatakan saat ini masyarakat telah melakukan penanaman apakah itu padi, cabe, bawang dan lain sebagainya. Diperkirakan akan panen jelang lebaran nanti.

“Dengan langkah ini, kita harapkan stok akan tetap tersedia dan harga kebutuhan tetap stabil di pasaran,” kata dia.

Sementara Kadis Kominfo Junaidi mengatakan Untuk memantau perkembangan harga pangan setiap harinya masyarakat bisa mendownload aplikasi Mykopay di playstore.

“Kami membangun sebuah Informasi yang bernama Mykopay. Semua informasi terkait Kota Payakumbuh ada disana. Masyarakat bisa memantau disana. Dan ini update setiap hari,” katanya.