Legislator Rezka Oktoberia serahkan bantuan penunjang perekaman Dukcapil Payakumbuh

id Legislator Rezka Oktoberia,Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda

Legislator Rezka Oktoberia serahkan bantuan penunjang perekaman Dukcapil Payakumbuh

Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda menerima bantuan dari Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia berupa M2M untuk Disdukcapil Payakumbuh. Antara/Akmal Saputra

Payakumbuh (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Rezka Oktoberia menyerahkan bantuan penunjang jaringan untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

"Kami berharap dengan bantuan ini tidak ada lagi kendala jaringan untuk melayani masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan (Adminduk) di Payakumbuh. Karena modem ini mampu menjangkau walau di daerah yang kualitas jaringannya buruk sekalipun," kata Rezka di Payakumbuh, Jumat (25/8).

Bantuan yang diserahkan berupa modem Mobile to Mobile atau M2M yang diterima langsung oleh Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda didampingi Kadisdukcapil Wal Asri di ruang Kepala Dinas Dukcapil, Jumat (25/08).

Ia mengatakan peran Disdukcapil sangat besar dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 karena data pemilih disetiap daerah itu bersumber dan berdasarkan data dari Dukcapil.

"Harapan kita dengan M2M ini dapat mengakomodir seluruh data pemilih pemula, sehingga di hari H, pemilih pemula ini sudah ber KTP, dan tidak kehilangan hak pilihnya," katanya.

Dia meminta agar Disdukcapil bisa membantu masyarakat mengaktifkan layanan Dukcapil online atau identitas kependudukan digital untuk memudahkan masyarakat dalam hal urusan adminduk dimana pun.

"Dengan Dukcapil online ini, walaupun bukti fisiknya tidak terbawa, namun backup secara online tetap ada dalam genggaman masyarakat kita. Ini semua demi kemudahan masyarakat kita dalam berurusan," ujarnya.

Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengungkapkam rasa terimakasih atas bantuan alat penunjang jaringan yang diberikan oleh anggota DPR RI Rezka Oktoberia.

"Alhamdulillah, terimakasih atas bantuannya, mudah-mudahan dengan alat ini tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak terdata. Apalagi sebentar lagi mau Pemilu juga kan, banyak pemilih pemula yang harus diterbitkan KTP-nya," kata dia.

Harapannya, kata dia dengan tambahan peralatan baru ini bisa membantu Dukcapil Payakumbuh untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Payakumbuh,".

Sementara itu Kadisdukcapil Kota Payakumbuh Wal Asri mengatakan pihaknya sejak 2018 lalu telah bersinergi dengan KPU dan Bawaslu untuk mensukseskan Pemilu.

"Untuk Pemilu berkualitas di Payakumbuh, kita selalu memberikan update data terbaru dan untuk pemilih pemula, kita telah lakukan perekaman sejak usia 16 tahun, dan saat berumur 17 tahun KTP-nya sudah bisa langsung diambil di Disdukcapil Payakumbuh," katanya.

Dia berharap setelah dibantu untuk kelancaran jaringan dalam perekaman e-KTP, kedepannya dapat dibantu untuk perangkat komputer sebab dengan perangkat baru pelayanan untuk masyarakat bisa lebih cepat lagi.