BPS data seluruh Koperasi dan UMKM di Kota Payakumbuh

id UMKM di Kota Payakumbuh,Plh Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda,berita payakumbuh,berita sumbar

BPS data seluruh Koperasi dan UMKM di Kota Payakumbuh

Plh Wali kota Payakumbuh Rifa Ananda bersama dengan Kepala BPS Kota Payakumbuh Desi Febryanti di ruang kerja Sekda Kota Payakumbuh, Senin (25/9). Antara/Akmal Saputra

Payakumbuh (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah mulai melakukan pendataan lengkap Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PL-KUMKM) di daerah tersebut yang dilaksanakan dari 15 September sampai 14 Oktober 2023.

Kepala BPS Kota Payakumbuh Desi Febriyanti di Payakumbuh, Senin, mengatakan bahwa yang akan didata adalah semua pelaku usaha khususnya yang bergerak di luar sektor pertanian.

"Karena sektor pertanian telah dilakukan pendataan melalui sensus pertanian. Semuanya akan kita data sampai dengan garendong atau penjual yang menggunakan motor," kata dia.

Ia mengatakan jumlah petugas yang akan melakukan pendataan untuk Kota Payakumbuh berjumlah sekitar 144 orang yang sebelumnya telah diberikan pelatihan petugas.

"Kemudian, kita melakukan pendataan itu memakai gadget bukan secara manual dengan kertas. Hasilnya nanti dalam bentuk basis data tunggal koperasi dan UMKM," katanya.

Ia mengatakan basis data tunggal ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk intervensi program atau hal lainnya yang diperlukan oleh Pemerintah Daerah.

"Ketersediaan data mengenai koperasi serta pelaku UMKM berperan krusial sebagai akselerator program-program pemerintah dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM," ungkapnya.

Ia mengatakan data yang dikumpulkan seperti tempat usaha, karakteristik usahanya, pemanfaatan teknologi, dan karakteristik pengusaha seperti pendidikan dan jenis kelamin.

"Dan yang paling utama itu omzet karena ini dapat menentukan apakah usaha tersebut masuk dalam usaha mikro, kecil, atau menengah," katanya.

Disampaikannya bahwa untuk seluruh Indonesia PL-KUMKM dilaksanakan di 32 Provinsi. Sementara untuk di Sumbar dilaksanakan di Sembilan Kabupaten dan Kota.

Sementara itu Plh Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan bahwa hasil pendataan yang sedang dilakukan oleh BPS ini merupakan hal yang penting bagi pemerintah daerah.

"Untuk itu kita mendukung penuh pelaksanaan ini. Dan kita berharap seluruh pelaku usaha memberikan data yang sebenarnya kepada petugas sehingga hasil yang didapatkan sesuai," ujarnya.