Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia resmikan e-sport lounge di Unand

id Beatbox house, esport center, konsulat AS

Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia resmikan e-sport lounge di Unand

Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Michael F. Kleine bersama sekretaris Universitas Andalas (Unand), Henmaidi meresmikan e-sport lounge yang berada di American Corner, Perpustakaan Universitas Andalas. (ANTARA/Humas Unand)

Padang (ANTARA) - Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Michael F. Kleine bersama sekretaris Universitas Andalas (Unand), Henmaidi meresmikan e-sport lounge yang berada di American Corner, Perpustakaan Universitas Andalas, Limau Manis Padang, Selasa.

Fasilitas gaming center tersebut merupakan program kerjasama yang pertamakali antara Amerika Serikat dan Indonesia terkhusus untuk perguruan tinggi.

"Mudah-mudahan game center ini memiliki manfaat," ujar Michael.

Selain peresmian fasilitas itu Wakil Duta Besar AS tersebut juga memboyong group beatbox (musik yang dihasilkan oleh mulut) asal Amerika Serikat, "The Beatbox House" untuk tampil di hadapan mahasiswa, siswa SMA dan SMP Kota Padang.

The Beatbox House dihadirkan dalam program American Music Abroad, program untuk memperkenalkan musik yang populer di AS.

Selain unjuk kebolehan, The Beatbox House juga berbagi ilmu tentang mengolah suara menggunakan mulut sehingga bisa menyerupai beberapa alat musik.

"Kuliah" singkat itu mendapat sambutan antusias dari mahasiswa, siswa SMA, SMP dan perwakilan komunitas beatbox Padang yang haus akan ilmu dari sumber profesional.

Sejumlah artis beatbox asal Sumbar juga sempat unjuk kebolehan dalam kegiatan tersebut.

Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Michael F. Kleine mengaku terkejut atas potensi yang ditunjukkan oleh artis beatbox Padang. Menurutnya dengan latihan rutin dan serius, mereka juga akan bisa bersaing secara internasional.

Sementara itu, Sekretaris Unand, Henmaidi mengapresiasi Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia karena sudah memberikan fasilitas game e sport untuk Unand.

Ia mengatakan fasilitas game center di Amarican Corner ini tidak hanya untuk mahasiswa Unand, namun terbuka untuk masyarakat umum.

"Karena kami ingin meningkatkan minat dan bakat masyarakat khususnya dalam e-sport. American corner juga bukan untuk mahasiswa Unand namun juga dari masyarakat," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Harian E sport Indonesia Sumbar, Robby Febriansyah mengatakan dengan adanya game center ini diharapkan mampu menciptakan atlet.*