KPU Sumbar: 3.795 anggota PPS se-Sumatera Barat dilantik dan siap bertugas

id KPU Sumbar,PPS,Pemilu 2024,berita padang,berita sumbar

KPU Sumbar: 3.795 anggota PPS se-Sumatera Barat dilantik dan siap bertugas

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sumbar, Izwaryani (ANTARA/HO KPU Sumbar)

Padang, (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyebutkan 3.795 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) resmi dilantik dan bertugas di 1.265 nagari, desa atau kelurahan di provinsi setempat menyukseskan Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sumbar, Izwaryani di Padang, Selasa mengatakan hari ini KPU kabupaten kota se Sumbar serentak melantik anggota PPS yang akan bertugas di nagari, desa dan kelurahan di Sumbar.

Ia menyebutkan 3.795 orang ini berasal dari 21.686 orang yang mendaftarkan diri melalui akun di sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc (SIAKBA).

Menurut dia anggota PPS yang dilantik telah menyatakan pakta integritas untuk siap menyelenggarakan Pemilu untuk tegaknya demokrasi di Sumbar.

"Pelantikan ini menjadi momen awal buat PPS menyatakan pakta integritas, siap menyelenggarakan Pemilu dengan segala konsekuensi, tegaknya demokrasi di Sumbar untuk memilih pemimpin lima tahun ke depan," katanya.

Dirinya berharap anggota PPS yang dilantik tidak hanya bertugas untuk menjadi panitia Pemilu, tetapi juga dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

"Harapan kita PPS ini nanti tidak hanya sukses Pemilu, sukses Pilkada, sukses Pilpres, tetapi bagaimana mengajak masyarakat sebanyak-banyaknya untuk menggunakan hak pilihnya ke TPS, sehingga partisipasi Pemilu nanti meningkat dari tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Ia mengatakan tugas pokok anggota PPS melaksanakan tahapan-tahapan di tingkat nagari, desa atau kelurahan dan tahapan terdekat adalah pemutakhiran data pemilih, mereka akan mengendalikan semua petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

Pada 26 Januari 2023 sudah mulai pengumuman pantarlih dan anggota PPS ini mereka sudah mulai bekerja untuk merekrut pantarlih tersebut.

"Kita berharap anggota PPS dapat bekerja dengan amanah dan maksimal dalam menyukseskan Pemilu 2024. Apalagi mayoritas anggota PPS di Sumbar diisi oleh anggota-anggota muda," kata dia.

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2023